Galian C Di Desa Sukaresmi Tidak Kantongi Ijin Resmi Tetap Beroperasi Diduga Ada Beking

NEWSLAN.ID,UKARESMI,Galian C di Desa Sukaresmi Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor Belum mengantongi ijin resmi dari pihak Dinas pertambangan – ESDM Jawa barat tapi sudah beroperasi diduga kuat ada Beking, sehingga berani aktivitas penambangan.

Padahal untuk mengadakan pertambangan / Galian ijinnya cukup sulit karena menyangkut Undang – Undang Minerba, tapi kenapa begitu mudahnya para pengusaha Galian C di Bogor khususnya, seolah ibarat kata seperti membeli Kacang goreng.

Meski tidak mengantongi ijin (Legalitas)-Galian tersebut terus berjalan, selain itu juga dengan adanya Galian C sebagian warga mengeluh dengan Debu saat armada Dam Truk pengangkut Tanah melintas terlebih saat ini musim kemarau.

Menurut salah seorang warga yang tidak mau disebutkan Indentitasnya mengatakan. Mungkin bagi warga lain mah dan mendapat sesuatu setuju ada galian itu tapi buat kami yang hanya kebagian kotornya Debu ke rumah jelas merugikan kami, mana musim kemarau susah Air boro – boro buat bersihin Rumah buat mandi masak minum saja sulit.”Katanya.

Sementara dari pihak Galian yang berinisial (Ar) menyebutkan. Soal ijin lingkungan sudah dibuat kalau ijin dari Dinas pertambangan Provinsi sedang ditempuh.”Kata Ari (20/10).

“Seharusnya jika ijin resmi belum ada pihak pengusaha tersebut jangan memulai penambangan , namun berbalik pihak pengusaha Galian yang menjalankan usahanya di Desa Sukaresmi seolah tidak merasa takut.

Ada yang lebih mengherankan pihak Pemerintah Desa Sukaresmi saat dihubungi Via Chat Whatsaap mengaku tidak tau menau soal Galian tersebut, silahkan datang langsung ke lokasi disana ada pihak perusahaan. Bahkan kemarin kata Kusnadi ada orang dari ESDM Bogor yang datang kedesa menanyakan hal yang sama ya kami katakan kami sampaikan tidak tau silahkan ke pihak perusahaan saja.” Kata Kusnadi Sekertaris Desa Sukaresmi.20/10/2023.

Baca Juga :   Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023, Kabupaten Tanjung Jabung Barat,

|Red.

Mau Pesan Bus ? Klik Disini