Tangani Karhutla di Desa Pelawan Agar Tidak Meluas, Tim Gabungan Bersama Masyarakat Berjibaku Padamkan Api

Newslan. Id – Sarolangun
Dampak Elnino sangat dirasakan di seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali di kabupaten Sarolangun Propinsi Jambi, Cuaca panas menyebabkan kekeringan, serta terjadinya rawan kebakaran baik hutan maupun lahan. Sabtu kemarin (16/9) Tim Gabungan yang terdiri dari TNI babinsa dan Polri Polsek Pelawan singkut, Manggala Agni, Pemadam kebakaran, Pemerintah Kecamatan dan Masyarakat berjibaku bersama padamkan api di desa Pelawan kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun jambi.

Lokasi yang terbakar di lahan Kosong di RT.06 Dusun Simpang Bedeng Desa Pelawan Kec. Pelawan Kab. Sarolangun, kejadian kebakaran diperkirakan pukul 13.00 Wib, kejadian ini merupakan kebakaran ke duakalinya setelah kebakaran hari senin lalu tanggal 11 September 2023.

Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, S.IK melalui Kabag Ops Kompol Bastari mengatakan bahwa kebakaran disebabkan dari adanya pembuangan sisa batu bara oleh supir batu bara.
“menurut informasi dari saksi di lokasi kebakaran bahwa Kebakaran lahan belukar disebabkan oleh di duga adanya pembuangan sisa batu bara oleh sopir batu bara dan terkena panas dan menjadi api yang menjalar ke semak belukar sehingga menimbulkan kebakaran, luasan Lahan Kebun yang terbakar +- 0,5 (setengah) Hektar Pukul 15.00 Wib Kebakaran telah berhasil dipadamkan” katanya.

Kabag Ops Kompol Bastari melanjutkan menghimbau para supir batu bara agar tidak membuang material batubara di sembarang tempat sertan membakar sampah ataupun membuang puntung rokok sembarangan yang menyebabkan timbulnya api hingga dapat meluas.
“Kami himabu kepada para supir batu bara jangan membuang material batu bara di sembarang tempat, ini adalah salah satu contoh akibat yang dapat menimbulkan kekabakaran dilahan kering, kepada masyarakat juga kami himbau tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan, semua bisa berakibat fatal apabila api sudah menjalar dan menjadi besar” tutupnya.

Baca Juga :   Letkol Inf Amaraldo Cornelius Resmi Jabat Dandim 0420/Sarko

(Tim)