Gawat! Jalan Kabupaten Di Nagari Muara Kandis Punggasan Terancam Putus Akibat Terkikis Aliran Sungai

Newslan.id-Pesisir Selatan– Ruas Jalan Kabupaten di Kampung Kandis, Nagari Muara Kandis Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Terancam Putus akibat terkikis aliran sungai.

Pantauan Media Newslan.id di lapangan, Selasa (22/8/2023), sekira 40 meter Sisi jalan Kabupaten terkikis aliran air sungai Punggasan pada saat ini terancam berat. Karena tikungan sungai cukup tajam mengarah ke sisi jalan, sehingga tanah mengalami pergeseran terkikisnya aliran sungai sudah melewati bibir jalan.

Selain jalan yang terancam, rumah warga dan satu rumah ibadah mesjid juga ikut terancam oleh keganasan arus sungai tikungan yang cukup tajam. Kondisi ini membuat arus kendaraan disaat menempuhnya terganggu menuju kecamatan atau menuju jalan provinsi lebih dengan berhati-hati. Karena pengendara takutnya jalan ambruk disaat melewati.

Gadi warga setempat mengatakan, Rumah kami berada di lokasi jalan yang di kikis aliran sungai merasa tidak nyaman semangkin sudah mendekati.

“Kalau jalan ini terputus akibat aliran sungai, tentu rumah kami di sini juga terancam. Kami gelisah dan takut rumah kami ini rusak dan tidak ada lagi tempat tinggal, katanya.

Warga setempat berharap kepada pemerintah Daerah Kabupaten dapat mengatasi dan perbaikan dari ancaman tersebut, seperti sisi jalan rusak dan ruas aliran sungai sangat membahayakan. Ujarnya.

Siil warga Nagari Muara Kandis disaat melewati juga mengatakan jalan di lewati kondisi sekarang sangat mengkhawatirkan, dimana terdapat retakan-retakan akibat terjadinya terkikis aliran sungai yang menghantam bibir jalan.

Pada kesempatan yang sama, Wali Nagari Muara Kandis Punggasan Helkamsi membenarkan, Jalan Kabupaten terancam putus akibat terkikis aliran sungai adalah jalan akses utama bagi masyarakat Nagari Muara Kandis Punggasan.

Baca Juga :   Alasan Anggaran Terkait Rambu Rambu Lalu Lintas Minim Untuk Wilayah Kerja BPTD Kelas II Jambi

“Dengan kondisi seperti ini, kalau terjadi hujan serta banjir dari hulu sungai, mungkin jalan ini bisa ambruk atau terputus” Katanya

Wali Nagari Helkamsi, berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, supaya dapat memperbaiki jalan yang rusak akibat terkikis ganasnya aliran sungai.

” Kalau terjadinya gempa dan tsunami, otomatis kami masyarakat Nagari Muara Kandis Punggasan tidak bisa keluar dan selamatkan diri. Mungkin satupun tidak bisa selamat, karena jalan rusak parah atau terputus, ” Ujarnya.

Wali Nagari Muara Kandis Punggasan menambahkan, Kami Pemerintah Nagari sudah menyampaikan lewat proposal kepada Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan, baik itu ke Dinas PU, PSDA, juga telah kami sampaikan Kepada Bupati Pesisir Selatan dan Pemerintah Daerah Provinsi pun juga kami sampaikan jalan ini segera untuk di perbaiki.

“Jadi harapan kami sekali lagi jalan ini mohon segera di perbaiki,” harapnya.

Editor : Maengki Arwan

 

 

Mau Pesan Bus ? Klik Disini