Ketupat Sayur dan Hangatnya Pertemuan Ganjar dengan Pedagang Pasar Warakas

Jakarta – Newslan.id – Pasar Warakas di Tanjung Priok Jakarta Utara mendadak ramai, Sabtu (24/6/2023) pagi. Para pedagang dan penjual dihebohkan dengan kedatangan capres 2024 dari PDIP, Ganjar Pranowo.

Ya, hari ini Ganjar menyambangi Pasar Warakas dan Pasar Bahari. Ia blusukan sambil menyapa masyarakat secara langsung.

Teriakan Ganjar Presiden terus menggema di tempat itu. Ribuan warga menyemuti Ganjar dan berdesakan untuk bersalaman dengannya.

“Pak Ganjar keren, sama seperti pak Jokowi. Senang blusukan. Kami padamu pak,” teriak warga.

Ganjar dengan ramah menyapa para pedagang dan pembeli saat blusukan di lorong-lorong kecil pasar itu. Ia mendengarkan masukan dan aspirasi para pedagang yang disampaikan padanya.

“Pak gimana ini, harga-harga pada naik pak. Setiap menjelang lebaran, pasti harga naik. Kita susah pak,” kata salah satu warga.

“Tolong pak, kebutuhan pangan murah kami dicukupi,” timpal lainnya.

Ganjar mendengarkan semua aspirasi dan masukan itu. Sesekali, ia memberikan jawaban dan berdiskusi dengan para pedagang.

“Iya, mesti dicarikan solusi. Kenapa ya saat menjelang lebaran atau hari besar lainnya, harga kebutuhan pokok selalu naik,” ucap Ganjar.

Tak hanya ngobrol sambil jalan, Ganjar menyempatkan diri mampir di warung ketupat sayur di pasar itu. Ia sengaja sarapan di warung pasar agar bisa berdialog dengan masyarakat.

Saat Ganjar sarapan ketupat sayur itulah, para pedagang menggunakan kesempatan itu untuk curhat ke Ganjar. Ada juga yang curhat soal iuran pasar yang memberatkan dan lainnya.

“Pak soal iuran ini memberatkan kami, padahal pasar sepi jadi kalau bisa iurannya dikurangi,” kata pedagang.

Ganjar pun tak bisa menjawab pertanyaan itu. Ia kemudian menelpon PJ Gubernur DKI Jakarta untuk menyampaikan persoalan itu. Namun karena PJ Gubernur sedang ada acara, Ganjar disambungkan ke Sekda DKI Jakarta.

Baca Juga :   Ikatan Keluarga Banyuwangi (IKAWANGI) Berikan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

“Saya hanya diajak sama kawan-kawan untuk bisa ngobrol di pasar ini. Saya ingin mereka menyampaikan apa adanya. Disampaikan lah apa adanya. Satu, soal bagaimana tadi membayar retribusi yang kalau bulanan berat. Dua, tadi pangan murah, harga-harga terjangkau dan lainnya. Saya sampaikan tadi ke pak Sekda,” jelasnya.

Ganjar mengatakan, meski sederhana namun cara blusukan efektif untuk menyerap aspirasi rakyat. Dan sebenarnya, cara itulah yang disukai masyarakat.

“Mungkin ini kecil buat publik, tapi buat masyarakat yang beginilah ini yang musti diurusi,” pungkasnya.