Praktik Barbershop dan Meubeler, Lapas Bangko Gelar Pelatihan Mandiri untuk Warga Binaan

Newslan-id (Bangko) – Selama 5 (Lima) hari sejak Senin, 12 Juni 2023 kemarin, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Bangko mengadakan pelatihan untuk warga binaan.

Pelatihan ini dilaksanakan untuk menambah keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di Lapas Bangko berupa pelatihan barbershop dan meubeler.

Sebanyak 40 warga binaan, 20 peserta barbershop dan 20 peserta pelatihan meubeler aktif mengikuti seluruh rangkaian pelatihan yang diadakan Lapas bekerja sama dengan CV. Jasa Indah Mandiri.

Dijumpai saat acara penutupan Pelatihan Mandiri di ruang DW/Rapat Lapas Bangko, Bayu Kumara Kasi Binapigiatja (Pembinaan dan Kegiatan Kerja) menyampaikan, kegiatan ini adalah bentuk support kepada Warga Binaan, agar memiliki keterampilan khusus dan berguna bagi mereka ketika kembali ke masyarakat.

“Ini sebagai bentuk dukungan kita (Lapas Bangko, red) secara moril kepada WBP, agar kedepannya bisa diterima masyarakat dan memiliki keterampilan yang bisa dimanfaatkan untuk bekerja,” sebut Masbay sapaan akrabnya.

Dijelaskan juga olehnya, Lapas bekerja sama dengan Perusahaan yang sudah bersertifikat, sehingga WBP yang mengikuti pelatihan ini juga akan memiliki sertifikat.

Pada acara penutupan, Jum’at, 16 Juni 2023 juga diserahkan sertifikat secara simbolis kepada peserta pelatihan Warga Binaan Pemasyarakatan oleh KPLP, Pa’i Saman.

Sementara itu, Atman dan Agil selaku koordinator pelatihan barbershop merasa puas dan berterimakasih kepada pihak Lapas atas diadakannya pelatihan ini.

“Semoga ilmu yang telah didapat selama Lima hari pelatihan bisa berguna dan bermanfaat saat kembali ke masyarakat nanti,” ujar pria pemilik Atman Barber di Pematang Kandis.

Dengan diadakannya pelatihan ini, tidak hanya peserta yang merasakan manfaatnya, namun masyarakat juga bisa memahami dan menerima kehadiran warga binaan saat mereka kembali ke keluarga dan lingkungan masyarakat. (dEniRio)

Baca Juga :   Peduli Kesehatan Hewan Ternak Di Wilayah Binaan, Babinsa Koramil Kademangan Dampingi Vaksinasi PMK
Mau Pesan Bus ? Klik Disini