Warga Dusun Darungan Kelurahan Babadan Kecamatan Wlingi menggelar Tradisi Bersih Desa menjelang Bulan Suro

Newslan-id (Blitar) – Menjelang Bulan Suro, warga dusun Darungan RT 004 RW 005 Kelurahan babadan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar, menyelenggarakan tradisi Bersih Desa.

Bermacam kegiatan dilaksanakan mulai dari mengadakan kenduri, mengirim sesaji yang untuk mendoakan danyang desa, atau di percaya sebagai makam danyangan desa, kamis (15/06/23).

Menurut Ketua RT 004 RW 005, saat ditemui newslan.id, Agung Suprianto yang akrab disapa Tojer, yang juga sebagai praktisi perlindungan Konsumen, bersih desa rutin diselenggarakan oleh warga sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat dan hidayah kepada Allah Swt.

“Bersih Desa merupakan wujud rasa syukur atau slametan upacara adat Jawa untuk memberikan mengirim doa kepada danyang desa. Sesaji berasal dari warga untuk menyumbangkan makanan.

Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dusun untuk membersihkan desa dan agar Desanya di jauhkan dari malapetaka dan memberi keberkahan bagi masyarakat sekitar. Slametan di gelar di makam umum di danyangan, karena danyang dipercaya sebagai penjaga sebuah desa,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, ” bersih Desa sebagai upacara adat memiliki makna spiritual, bersih Desa bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT, atas kelimpahan berkah hasil panen yang didapat, dan mendoakan agar Warga Desa di beri keberkahan dan di jauhkan dari marabahaya dan malapetaka, dan terciptanya kerukunan masyarakat warga khususnya Dusun Darungan RT 004 RW 005 Kelurahan Babadan”. Tambahnya. (Trimo)

Baca Juga :   Terpanggil Rasa Kemanusiaan dan Solidaritas Forlas Gelar Aksi Sosial Untuk Bencana Cianjur
Mau Pesan Bus ? Klik Disini