Terpilih Secara Aklamasi, Ketua Harian Dewan Kesenian Merangin Kini Dipegang Bayu Kumara

Newslan-id (Bangko) – Sempat tidak terdengar untuk beberapa waktu, ternyata Dewan Kesenian Merangin masih eksis dan tetap berkiprah di dunia kesenian di Kabupaten Merangin.

Dibawah komando Kang Asro, panggilan akrab Ketua Umum DKM, meski terkesan senyap namun kegiatan kesenian masih aktif diikuti oleh anggota Dewan.

Untuk menjaga agar kegiatan dan keseimbangan DKM bisa kembali bergeliat, Ketum mendadak melakukan pemilihan Ketua Harian, dimana saat itu anggota memang kebetulan tengah berkumpul di salah satu ruang kelas SMA Negeri 7 Merangin, Rabu, 07 Juni 2023.

Dalam musyawarah yang berlangsung cukup alot dan penuh keseruan tersebut, akhirnya mereka bersepakat bersama dengan susunan kepengurusan yang baru.

Ketua harian Dewan Kesenian Merangin akhirnya memiliki nahkoda baru, Bayu Kumara terpilih secara aklamasi sebagai ketua harian DKM. Dengan masing kepengurusan, Bayu Kumara (Seni Rupa) sebagai Ketua Harian, Wakil Ketua Emriza (Aan) Guru yang aktif sebagai guru Seni di SMA 12 Merangin, Ali Amin sebagai Sekretaris Umum dan Hendrik sebagai Bendahara Umum.

Bayu Kumara dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada seniman Kabupaten Merangin yang telah memilih dirinya sebagai ketua Harian Dewan Kesenian Merangin tersebut.

Bayu mengaku dengan terpilihnya dirinya sebagai ketua Harian DKM, adalah merupakan tanggung jawab dan amanah baru yang diembannya, maka dirinya meminta untuk tetap solid dan juga kompak untuk memajukan kesenian di Kabupaten Merangin.

“Saya bersedia memimpin sebagai ketua harian dewan kesenian. Namun yang terpenting adalah teman-teman seniman harus makin kompak mendukung program-program DKM ke depan. Kalau saya sendiri tanpa kerja sama yang baik tidak mungkin mampu,” ujarnya.

Dia juga berharap anggota Dewan Kesenian Merangin memaksimalkan peran dan fungsinya dalam melaksanakan kegiatan atau program terkait dengan seni dan budaya.

Baca Juga :   Kejari Batanghari Tetapkan Dua Tersangka Kasus Penyaluran Pupuk Bersubsidi

“Saya akan segera bentuk pengurus dan nama yang sudah ada sesuai Devisi, seperti bidang musik, Seni Rupa dan seni pertunjukan. Bagaimana nanti bisa mengkoordinir seniman yang ada di Kabupaten Merangin agar tetap bisa berkarya,”harap Bayu.

Selain itu Bayu Mengaku dengan ditunjuknya dirinya sebagai ketua Harian Dewan Kesenian Merangin, target pertama yakninya bagaimana dewan kesenian Merangin jangan hanya sebatas AD -ART dan nama saja, melainkan kedepan sudah teregistrasi secara Hukum.

“Sehingga ketika ada kerjasama dan yang lainnya, kemudian kita sudah siap dengan peryaratan apapun yang dipinta. Itu harapan saya, mari sama – sama kita memikirkan ini,” harap Bayu lagi.

Dalam kesempatan itu, Bayu memaparkan sejumlah program yang telah dilakukan sebelumnya, di antaranya DKM beberapa kegiatan dibawah Naungan Dewan Kesenian Merangin, mulai dari Festival kesenian, pertunjukan seni rupa, pertunjukan musik dan lainnya.

“Saya berharap kedepan ada kegiatan yang bermanfaat yang bisa kita buat untuk kesenian, apakah itu sebulan sekali atau waktu hari – hari yang dianggap penting,” sebutnya.

“Dewan Kesenian Merangin bisa melakukan ini semua karena kekompakan pengurus dan kecintaan terhadap dunia seni, termasuk sinergitas yang baik dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,”tambahnya.

Sementara itu Asro Ketua Umum Dewan Kesenian Merangin (DKM) sangat mengapresiasi terpilihnya ketua harian Dewan Kesenian Merangin yang karena selama ini telah terbukti mampu melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik di bidang seni dan budaya.

“Posisi DKM sangat strategis. Oleh karena itu, ke depan keberadaannya sangat dibutuhkan. Masih banyak PR yang perlu diselesaikan dan dilanjutkan oleh kepengurusan selanjutnya. DKM harus lebih baik lagi. DKM harus mampu mengambil peran di Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi,”singkat Asro. (dEniRio)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini