Ketua KUD Karya Mukti, Kriswanto Berikan Klarifikasi Pada Masyarakat

Newslan.id Sarolangun- Guna mengembangkan berbagai bibit unggul di daerah , Koperasi Unit Desa ( KUD) Karya Mukti Beralamat Pelepat Ilir Muara Bungo adalah sebuah usaha milik Desa yang melakukan kerja sama dengan Dinas Perkebunan (Disbun) dan Pusat Pembibitan Kelapa Sawit (PPKS) Melalui kerja sama ini diharapkan bibit yang dihasilkan benar-benar berkualitas serta memiliki sertifikasi. jumat 19/5/2023.

Kepada Media ini dia menyampaikan dalam pengadaan bibit ini dan kemudian akan dijual kepada perusahaan maupun masyarakat. Langkah ini dimaksudkan untuk mengantispasi beredarnya bibit palsu yang selama ini beredar di masyarakat,” katanya.

Bibit yang ada juga akan diseleksi jenis apa saja yang cocok untuk ditanam. Sehingga nantinya petani akan memiliki jenis dan ciri sendiri bibit atau varietas yang sesuai dengan kondisi dan iklim yang ada di lokasi masing-masing. Pihaknya juga aktif memberi bimbingan terhadap Kelompok tani dari segi pemeliharaan pemupukan agar petani mendapat hasil yang baik. katanya.

Pantauan Media ini dilapangan berdasar info dari masyarakat ada bibit sawit pertumbuhan sangat subur tapi sebagian berbuah hijau. Namun petani Belum memahami apakah yang buah warna hijau bisa dijual apa tidak. dengan kurangnya pemahaman sehingga Masyarakat memusnahkan sawitnya yang berbuah hijo dan dianggap tidak laku dijual.

Kriswanto menyampaikan agar masyarakat atau petani yang sawitnya ada berbuah hijau jangan di musnahkan lagi. dan bagi yang sudah dimusnahkan akan di ganti dengan bibit yang baru. red (dm)

Baca Juga :   Sering Terjadinya Pemerasan Yang Dilakukan Oleh Gerombolan Oknum Mengaku Wartawan Meresahkan Masyarakat Sarolangun 
Mau Pesan Bus ? Klik Disini