Stand Geopark Merangin Jambi Hadir pada Global Geopark Expo Bandung, Ini Kata GM Agus Zainuddin

Newslan-id (Bandung) – Geopark Merangin Jambi menjadi bagian dari 10 Geopark di Indonesia dengan status Geopark Dunia dan Menuju Geopark Dunia dalam acara Global Geopark Expo yang diadakan di Auditorium Badan Geologi Bandung, Rabu, 15 Maret 2023.

Acara diawali dengan Sosialisasi Petunjuk Teknis Penetapan Geopark Nasional dengan pembicara Kepala Pusat Survey Geologi Badan Geologi Bandung.

Acara diikuti oleh seluruh Geopark dan aspiring Geopark Nasional di Indonesia guna berbagi pengalaman dan sharing knowladge guna kemajuan Taman Bumi/Geopark di Indonesia.

Adapun rangkaian acara selanjutnya berupa Unesco Global Geopark Expo yang terdiri dari 9 stand. Termasuk stand Geopark Merangin Jambi, ada Geopark Kaldera Toba, Geopark Belitong, Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, Geopark Gunung Sewu, Geopark Ijen, Geopark Rinjani, Geopark Maros Pangkep, dan Geopark Raja Ampat dengan menampilkan informasi terkait warisan geologi, budaya dan biologi dan geoproduk khas dari masing-masing geopark.

General Manager Badan Pengelolaan (BP) Geopark Merangin Jambi Agus Zainuddin mengungkapkan bahwa Expo dilaksanakan sebagai etalase bagi geopark dunia di Indonesia, untuk menampilkan kondisi, potensi dan keunggulan dari geopark masing-masing.

Diharapkan dari kegiatan expo, jejaring geopark di Indonesia bisa terbangun dengan lebih baik dan kuat. Juga untuk menyebarkan informasi terkait geopark secara luas ke seluruh lapisan masyarakat.

Agus sangat antusias dengan pelaksanaan Global Geopark Expo di Badan Geologi ini. Dirinya berharap expo ini bisa dimanfaatkan untuk memperkuat jejaring dan kerjasama dalam melestarikan warisan geologi.

“Kegiatan expo di Badan Geologi ini, menjadi momentum bagi seluruh geopark di Indonesia, untuk memperkuat jejaring dan kerjasama guna menjadikan geopark program prioritas bagi seluruh pemerintah daerah dalam melestarikan warisan geologi, pemberdayaan masyarakat dan pelestarian budaya dan kelestarian alam secara bersama-sama,” terang GM Geopark Merangin melalui pesan singkat. (Red)

Baca Juga :   Azwar Dan Abdul Hasan Nakhodai DPC SPRI Batanghari
Mau Pesan Bus ? Klik Disini