Terlambat Proyek Swakelola SMAN VIII Desa Pelawan Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun Dana DAK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Karena Tidak Ada Material

Newslan.id Sarolangun. Sekolah Menengah Atas Negri SMAN VIII Desa Pelawan Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun belum 100℅ siap di kerjakan.
21/1/2023.

Terlihat beberapa tukang masih melakukan pekerjaan di 4 (empat) Gedung baru. dan 2 (dua) gedung yang di rehab..

Saat di konfirmasi atas keterlambatan tersebut. salah satu pekerja yang tidak boleh disebut namanya kepada media ini mengatakan keterlambatan ini disebabkan materialnya tidak lancar. bahkan kami sempat nganggur 1 (satu) bulan kerena tidak ada matrial.

Informasi yang diterima tim Media Newslan-id, 15 orang tenaga kerja nganggur selama 1(satu) bulan. berapa biaya yang habis. dan tidak ada pertimbangan dari Kepala sekolah. tidak hanya itu upah kerja pun awalnya sepakat 15℅ dari anggaran dana proyek, masih dipotong mencapai 6 juta lebih. dan tidak biasanya saya mengalami hal seperti ini ditempat lain saya bekerja. tutupnya.

LSM . Lembaga Suadaya Masyarakat, Dikin. menambahkan Bagi penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) dilarang mensubkan atau melimpahkan kegiatan pengerjaan perbaikan bersumber dari anggaran pusat itu ke pihak lain. kerna sudah ada petunjuk teknis nya. jika Subkontrak kan kepihak lain di khawatirkan bakal membuat nilai pekerjaan jauh menurun

Komite dan Kepala Sekolah harus tegas, tidak boleh ada yang intervensi dari siapapun, Pihak dari Dinas Pendidikan juga tidak boleh ada tekanan apapun ke pihak komite dan kepala sekolah tentang alokasi DAK ini.

Dalam hal ini, ketika pelaksana swakelola tidak bersedia/tidak mampu untuk melaksanakan pengadaan bahan/material/jasa lainnya atau pendukung yang dibutuhkan dalam melaksanakan swakelola, maka pengadaan bahan/material/jasa lainnya atau pendukung dilakukan melalui kontrak terpisah oleh PPK. Itupun harus melalui mekanisme dan peraturan sesuai dengan Permen 3 Tahun 2022. Ada prosedur yang harus ditempuh ketika komite tidak sanggup mengerjakannya, ” papar Dikin.

Baca Juga :   DISDIKBUD SAROLANGUN KUNJUNGI DAN KLARIFIKASI ADANYA ISU PUNGLI DI SMPN 4 SAROLANGUN.

Kepala Sekolah SMA VIII Basyariah saat konfirmasi hal tersebut melalui via whatsapp tidak memberi jawaban sampai pemberitaan ini di keluarkan.  (red)

Newslan. id. tim

Mau Pesan Bus ? Klik Disini