Respons Cepat Pemkot Semarang Dalam Tangani Banjir Dan Longsor Di Sejumlah Wilayah Terdampak

 

Newslan.id – Semarang – Pemkot Semarang bergerak cepat dalam menangani banjir dan longsor yang terjadi di beberapa titik akibat hujan deras yang mengguyur Kota Semarang pada Minggu (6/11) sore hingga malam. Sejumlah wilayah di Kota Semarang terdampak banjir dan longsor.

Di antaranya Perumahan Wahyu Utomo di Kelurahan Tambakaji dan Kelurahan Wonosari di Kecamatan Ngaliyan serta Kelurahan Mangkang Wetan dan Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu.

Sejak Minggu malam, jajaran Pemerintah Kota Semarang mulai dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Pemadam Kebakaran, PDAM, TNI dan Polri turun ke lokasi terdampak banjir dengan melakukan pembersihan lumpur dan penyemprotan. Bersama masyarakat, jajaran Dinas Pekerjaan Umum melakukan pengerukan lumpur sisa banjir yang terjadi di Perumahan Wahyu Utomo, Kelurahan Tambakaji, Ngaliyan.

Untuk lokasi Kelurahan Mangunharjo, kondisi diperparah karena adanya limpasan air dari tanggul Kali Plumbon yang belum selesai dibangun. Namun DPU bersama TNI dan Polri telah melakukan penanganan darurat menggunakan sandbag. Ke depannya akan dilakukan penanganan permanen dengan pasangan batu. DPU juga telah menangani longsoran yang terjadi di Gunung Kelir Kelurahan Bambankerep yang sempat menutup jalan.

Meski banjir dan longsor yang terjadi cukup parah, tetapi belum ada warga yang mengungsi. Berbagai bantuan pun disalurkan oleh Pemkot Semarang dengan menyediakan nasi bungkus bagi para korban banjir dan menyiagakan dapur umum di kelurahan masing-masing.

Adapun bantuan logistik berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Semarang, beberapa pengusaha dan perusahaan. Adapun bantuan yang telah disalurkan kepada warga yang terdampak melalui Dinas Sosial berupa sembako seperti beras, indomi, minyak goreng, sayuran, lauk-pauk, hingga biskuit.(Khrisna)

Baca Juga :   ARPKH DEMO DI DEPAN PEGASUS KARENA DIDUGA DIJADIKAN TEMPAT MAKSIAT DAN NARKOBA.
Mau Pesan Bus ? Klik Disini