Ruas Jalan Sriwijaya Baru Diresmikan, Mbak Ita: Untuk Urai Kemacetan

Newslan-id Semarang – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang meresmikan Jalan Sirwijaya Baru, Rabu (2/11/2022) pagi. Jalan tersebut menjadi salah satu proyek prioritas Pemkot Semarang yang menelan anggaran Rp 17 miliar.

Plt Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama Kodam IV, Polda Jateng dan Forkopimda ikut dalam peresmian Jalan Sriwijaya Baru.

Menurut Plt Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang akrab disapa Mbak Ita, Jalan Sriwijaya Baru merupakan terobosan dari DPU Kota Semarang untuk memecahkan kemacetan.

“Wilayah Sriwijaya menjadi salah satu titik kemacetan yang ada di Kota Semarang, karena menjadi titik bertemunya arus dari beberapa jalan seperti Jalan Pahlawan, Veteran hingga Peterongan dan sebaliknya,” katanya usai meresmikan Jalan Sirwijaya Baru.

Mbak Ita berujar, untuk mengurai kemacetan diperlukan tambahan ruas jalan dan dicetuskan pembangunan Jalan Sriwijaya Baru.
“Tak hanya ruas jalan baru, pembangunan di wilayah Sriwijaya akan berlanjut. Nantinya akan dibangun sentra kuliner di Taman Singosari,” kata Mbak Ita.

Mbak Ita menerangkan Sriwijaya merupakan satu di antara titik yang masuk wilayah segitiga emas Kota Semarang.

“Untuk itu kami minta wilayah Sriwijaya dipercantik, karena masih banyak lahan kosong misalnya taman di tengah Jalan Sriwijaya. Kami minta taman-taman tersebut lebih dipercantik,” tuturnya.

Tak hanya itu, Mbak Ita juga akan melakukan pembahasan terkait arah menuju Jalan Sriwijaya Baru.

“Misalnya dari Jalan Veteran, apakah harus lurus langsung ke Jalan Sriwijaya Baru atau masih memutar melewati Jalan Pahlawan, nanti akan kami koordinasikan dengan Satlantas Polrestabes Semarang dan Dishub terkait arah tersebut,” papar Mbak Ita.

Mbak Ita menambahkan, diresmikannya Jalan Sriwijaya Baru menjadi wujud kolaborasi antara Pemkot Semarang, Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro hingga Pemprov Jateng.
“Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam hal kelancaran pembangunan hingga diresmikannya Jalan Sriwijaya Baru,” Imbuh Mbak Ita.

Baca Juga :   Dit Binmas Polda Kepri dan Sat Binmas Polres Karimun Buka Pendidikan dan Pelatihan Satpam

Adapun ruas Jalan Sriwijaya Baru yang baru diresmikan diberlakukan satu arah dari arah Jalan Pahlawan.

Jalan tersebut satu arah hingga ke Taman Singosari jika pengguna jalan hendak menuju arah Peterongan.

Sementara dari arah Peterongan, pemberlakuan satu arah juga diterapkan di Jalan Sriwijaya Lama mulai dari Taman Singosari.

Taman Singosari yang ada di depan Eks Wonderia Kota Semarang dijadikan titik untuk memutar arah untuk pengguna jalan.(Khrisna)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini