Solo Batik Music Festival, Event Antimainstream di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo

 

Newslan.id – Solo – Solo Batik Music Festival yang digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kota Solo bakal menghadirkan suasana yang berbeda.
Event musik dilaksanakan antimainstream karena bakal kental dengan nuansa batik. Event yang dilaksanakan pada 1-2 Oktober 2022, bertepatan dengan perayaan Hari Batik.
Sejumlah penyanyi dan band papan atas tanah air bakal hadir, di antaranya Kangen Band, D’ Masiv, dan Raisa.
Penonton konser juga akan diajak mengenal lebih dekat kain batik. Caranya, mengimbau mereka memakai baju batik selama menonton konser. Terutama pada hari kedua yang bertepatan dengan Hari Batik.
“Lewat event ini mengajak penonton mengenakan batik, khususnya saat 2 Oktober. Jadi para talent yang terlibat juga kami usahakan pakai batik, sehingga penonton termotivasi,” kata supporting team event, Blontank Poer.
Konser bakal melibatkan Swara Gembira, komunitas anak muda pencinta batik. Mereka punya cara edukatif untuk menarik minat generasi milenial terhadap kain batik.

“Swara Gembira bakal hadir di event konser ini. Selain membawa contoh produk, juga ada fashion stylist. Untuk membantu penonton konsultasi tentang mix and match baju batik. Ini akan memberikan experience ke penonton untuk lebih senang memakai batik,” katanya.

Penyelenggara event, Afiz Zulfahmi menambahkan, konser bakal dimeriahkan sembilan artis nasional, empat artis lokal, dan enam artis dari Kota Solo. Selain itu juga mengundang perajin batik dari Lasem dan Pekalongan.

Harapannya dapat memberikan edukasi ke penonton tentang variasi motif batik selain batik Solo. Selain itu juga dilengkapi puluhan UMKM kuliner yang sudah terkurasi menyajikan menu khas Solo.

“Kami libatkan juga seniman mural untuk membuat dekorasi kerai di sepanjang venue konser. Nanti di hari kedua, kami akan beri penghargaan ke pembuat canting dan cap batik asli Solo. Karena keberadaan profesi keduanya sudah langka,” ucapnya.(khrisna)

Baca Juga :   Camat MSI Selenggarakan Jum'at Berkah Di Desa Danau Embat
Mau Pesan Bus ? Klik Disini