“KENDURI SKO” Warisan Budaya Leluhur Masyarakat Kerinci Yang Terus Dilestarikan

 

Newslan.id – Kerinci. Piradirsal, Kepala Desa Koto Tuo, Kecamatan Depati VII, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, menggelar acara Kenduri Sko, Minggu 18/09/2022.

Turut hadir dalam acara tersebut
Gubernur Jambi Dr.Al Haris S.sos, MM yang diwakilkan, Bupati Kabupaten Kerinci yang diwakilkan, unsur Forkopimda, para undangan, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan dan tokoh adat serta masyarakat sekitar.

Acara yang bagi masyarakat Kerinci merupakan acara sakral digelar dengan cukup khidmad.

Disambut dengan berbagai seni tari penampilan dari putra-putri masyarakat setempat.

Antusias masyarakat terlihat dari ramainya pengunjung yang hadir untuk menyaksikan acara adat turun temurun masyarakat Kerinci yang pelaksanaannya belum tentu 10 tahun sekali sebut salah satu pengunjung.

“Kenduri Sko ini merupakan budaya warisan para leluhur yang hanya ada di masyarakat Kerinci,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Mainur, salah satu tokoh masyarakat yang hadir.
“Kenduri Sko ini warisan budaya leluhur yang hingga saat ini masih dilestarikan. Disamping merawat benda-benda pusaka yang mengandung nilai historis peninggalan para leluhur, makna yang sangat sakral merupakan doa seluruh masyarakat agar terhindar dari bencana, doa agar panen yang berlimpah dan kesejahteraan bagi masyarakat Desa itu sendiri,” terangnya.

Ditempat terpisah, begitu juga menurut Kades Piradirsal.
“Inti dari acara Kenduri Sko ini tidak hanya merawat benda-benda bernilai sejarah bang, akan tetapi merupakan bentuk syukur kepada Allah SWT dan doa serta harapan bagi masyarakat agar dijauhkan dari segala bala dan untuk kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (End’s)

Baca Juga :   Satu Korban Lagi "Agus Ariansyah" Yang Merasa Di Rugikan Oleh Jon Indy Motor Siap Melapor
Mau Pesan Bus ? Klik Disini