Penantian Yang Cukup Panjang Akhirnya Jalan Sungai Rumbai Diperbaiki

 

Newslan.id – Batanghari. Akhirnya masyarakat Sungai Rumbai, Desa Sungai Pulai, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari bernafas lega. Pasalnya, jalan Simpang Sungai Rumbai sampai Perbatasan Desa Rambutan Masam yang rusak parah setelah sekian tahun, diperbaiki oleh Pemkab Batang Hari.

Rehabilitasi jalan yang dikerjakan oleh kontraktor pelaksana CV. Mulia Waskita milik Hendri dan Fredi, serta diawasi oleh konsultan pengawas CV. Lingkar Nusa Consultant ini, menelan anggaran Rp. 9.771.059.568. Panjang jalan yang direhab hampir 2,7 kilo meter, dikerjakan selama 170 hari.

“Ya, rehabilitasi jalan ini, bernilai 9 milyar lebih. Sebagai kontraktor pelaksana, kami berusaha mengerjakannya sebaik mungkin sesuai perencanaan dan dapat dinikmati oleh masyarakat Desa Sungai Pulai maupun Desa Rambutan Masam” kata Didin, pengawas kontraktor pelaksana kepada Newslan.id Selasa, 06/09/2022.

Lanjut Didin, bahwa tahap awal perbaikan jalan ini sudah berjalan selama satu minggu.

“Tahap awal rehab jalan ini yakni pembersihan, sudah berjalan satu minggu. Kami berusaha membersihkan jalan ini dengan sebaik mungkin. Meratakan tanah serta menimbun lobang-lobang. Setelah tahap awal pembersihan badan jalan ini selesai dengan kondisi yang bagus, kita akan melakukan sol semen. Sol semen ini adalah proses pencampuran tanah dengan semen sebagai alas aspal. Proses pengaspalan nantinya ada dua tahap. Pengaspalan pertama setebal 6 cm dan kedua 4 cm”.

Untuk lebar jalan yang diaspal, tambahnya, supaya lebar, maka diagendakan lebarnya 4,5 meter.

“Lebar jalan yang diaspal 4,5 meter. Dengan harapan pengendara mobil yang berselisih tidak sempit,” sebutnya.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Batang Hari melalui Kabid Bina Marga, Dedi Susandi, ST, ketika dikonfirmasi via ponsel, membenarkan tentang rehabiltasi jalan tersebut.

“Benar, Rehab jalan tersebut dimulai dari ujung jalan rigid beton simpang Sungai Rumbai sampai perbatasan dengan Desa Rambutan Masam. Sumber dananya dari APBD Kabupaten Batang Hari Tahun 2022” terang Dedi.

Baca Juga :   Kapolsek IV Jurai Pembina Upacara Pembukaan MATSAMA MAN 2 Pessel

Sementara itu, Kades Sungai Pulai Yanuar, bersyukur sekaligus menghaturkan terimakasih kepada Pemkab Batang Hari atas rehabiltasi jalan tersebut.

“Alhamdulillah, akhirnya jalan desa kami yang berhubungan langsung dengan Desa Rambutan Masam tersebut, diperbaiki oleh pemerintah. Perbaikan jalan tersebut adalah penantian yang cukup panjang. Selama ini, masyarakat merasa seperti terisolir. Ketika dulu jalan bagus, jarak tempuh dari simpang ke dalam maupun ke Rambutan Masam cuma 10 menit, selama jalan rusak, bisa satu jam. ” ucap Yanuar.

Mewakili masyarakat Sungai Rumbai khusunya maupun Sungai Pulai umumnya, Yanuar juga menghaturkan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Batang Hari.

“Terimakasih Pak Mhd. Fadhil Arief, SE dan Pak H. Bakhtiar, SP, telah memperbaiki jalan kami yang rusak. Semoga perbaikan-perbaikan jalan kabupaten yang sedang dilaksanakan, semuanya berjalan lancar menuju Pembangunan Batang Hari Tangguh 2024,” pungkas Yanuar. (End’s)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini