9 Anggota BPD Telah Dilantik Hari Ini, Begini Pesan Dan Harapan Kades Karaban

 

Jateng- Pati- Newslan.id-
Badan Pemasyarakatan Desa (BPD) merupakan lembaga pertama yang berperan sebagai lembaga penyalur aspirasi masyarakat di tingkat Desa. BPD mempunyai masa kerja selama 6 (enam) tahun, sehingga dilakukan pemilihan anggota baru yang dilakukan secara demokratis melalui pemilihan secara langsung.

Sebanyak 9 orang anggota BPD Desa Karaban, Kecamatan Gabus yang terpilih pada pemilihan beberapa waktu yang lalu, hari ini telah menjalani proses pelantikan dan sumpah jabatan.

Pelantikan dan sumpah jabatan BPD periode 2022 s/d 2028 dilaksanakan di Balai Desa Karaban, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, pada Jum’at (8/7/2022) pagi, sekitar pukul 09.30 WIB.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Karaban Kusnan beserta Aparatur Desa, Danramil 19/Gabus Kapten Cba.Kistono, Camat Gabus Suranta, S.STP., Msi., Kapolsek Gabus AKP. Mulyono, S.H., Plt. Sekcam Gabus Ponco Ariyanto, S.STP. Serta undangan terkait lainya.

Camat Gabus Suranta menyampaikan bahwa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) memiliki fungsi utama yaitu membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung serta menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa dalam melaksanakan pelayanan pembangunan Desa.

“BPD harus bersinergi dengan berbagai pihak dan ikut berperan aktif dalam perencanaan pembangunan di Desa. Sehingga dengan demikian semua perencanaan pembangunan di Desa dapat tercapai sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Karaban Kusnan menyampaikan selamat kepada anggota BPD yang telah dilantik dan berharap dapat menjadi mitra Pemdes dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan.

“Pertama saya ucapkan selamat kepada BPD terpilih periode 2022 – 2028. Pesan kepada BPD terpilih, supaya menjadi wakil rakyat yang mampu menampung aspirasi masyarakat sesuai wilayah masing-masing. Dan berharap bisa menjadi mitra dari Pemdes, dalam rangka mengkritisi ataupun memberi masukan berkenaan dengan penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan, Pemberdayaan dan pembinaan masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga :   Proses Pembuatan Ijazah Yang Dikeluarkan Oleh PKBM Maju Terus Singkut Dipertanyakan

“Dan saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak terkhusus panitia. Sehingga pelaksanaan pemilihan BPD dapat terlaksana sesuai harapan kita semua, aman, tertib dan penuh suasana demokrasi dan kekeluargaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Mas Rukin yang merupakan salah satu anggota Karang Taruna Desa Karaban juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota BPD yang telah dilantik dan menjalani proses pengambilan sumpah jabatan pada hari ini.

“Selamat kepada seluruh anggota BPD yang dilantik pada hari ini. Selamat menjalankan tugas, semoga amanah dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucapnya. (Stn)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini