Berita  

PIHAK ASDP SANGAT MENGAPRESIASI PENGGUNA JASA TERTIB BELI TIKET VIA FERIZY LAYANAN PENYEBRANGAN ARUS MUDIK DAN BALIK SETELAG LEBARAN

 

Lampung Selatan – Newslan-id. ASDP Apresiasi Pengguna Jasa Tertib Beli Tiket via Ferizy, Layanan Penyeberangan Arus Balik Bakauheni – Merak Lancar dan Aman
9/Mei/2022

Bakauheni Lampung Selatan, Memasuki H+6 Lebaran, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersama dengan stakeholder terkait telah sukses melayani arus balik Angkutan Lebaran 2022 dimana hingga H+5 telah menyeberangkan total 647 ribu orang dan 147 ribu unit kendaraan dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para stakeholder atas koordinasi dan kolaborasi yang terjalin baik selama layanan Angkutan Lebaran baik arus mudik dan balik, khususnya kepada seluruh pengguna jasa ASDP yang telah tertib dalam melakukan pembelian tiket online Ferizy.

“Alhamdullilah kita telah melewati masa puncak arus balik Lebaran dengan lancar, aman, nyaman dan sehat. Intinya, belajar dari pengalaman arus mudik Merak sebelumnya, kini ASDP dapat mengantisipasi layanan arus balik dengan lebih baik,” tuturnya.

Data Posko 24 Jam H+5 (8 Mei 2022 pukul 08.00 WIB hingga 9 Mei 2022 pukul 08.00 WIB), mencatat sejumlah 122.662 orang telah menyeberang dari Bakauheni menuju Merak diikuti oleh sepeda motor sebanyak 12.298 unit, kendaraan kecil sebanyak 13.814 unit, bus sebanyak 741 unit, dan truk sebanyak 1.875 unit, dengan total produksi Kendaraan seluruh kendaraan pada H+5 sebanyak 28.728 unit.

Kendaraan roda empat tertib parkir di dermaga eksekutif Bakauheni sebelum naik kapal
Dan untuk realisasi kendaraan secara akumulatif yang telah kembali ke Pulau Jawa mulai tanggal 3 Mei 2022 s/d 8 Mei 2022 (HH s/d H+5) sebanyak 147.889 unit atau mencapai 70,6% dibandingkan jumlah kendaraan yang berangkat dari Merak mulai H-10 s/d H sebanyak 209.460 unit kendaraan.

Baca Juga :   Pemindahan 11 Napi Bandar Narkoba ke Lapas Highrisk Nusakambangan dari Lapas Semarang

Dalam kesempatan ini, Dirut ASDP menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para pengguna jasa yang telah tertib untuk membeli tiket secara mandiri via Ferizy bahkan berkenan membeli setidaknya H-1 sebelum keberangkatan. Hal ini merupakan dukungan terbesar dalam kesuksesan layanan arus balik.

Ia mengungkapkan, sesungguhnya tahun ini merupakan tahun ketiga dari implementasi layanan e-ticketing Ferizy sejak diluncurkan tahun 2020. Layanan e-ticketing Ferizy bertujuan untuk mengatur keseimbangan antara kapasitas angkut dengan demand penumpang di setiap pelabuhan sehingga penumpang yang akan menyeberang sesuai dengan kapasitas yang ada di waktu tertentu. Selain itu, pembelian e-ticketing Ferizy telah terkoneksi langsung dengan aplikasi PeduliLindungi sehingga dapat memastikan pengguna jasa telah sesuai dengan ketentuan persyaratan menyeberang, serta dengan melakukan pembelian tiket online, pencatatan _manifest_ terkait hak asuransi semakin akurat

Sejak implementasi Ferizy di Tahun 2020, ASDP telah mengatur jumlah penumpang yang datang ke pelabuhan sesuai dengan kapasitas angkut per jam dan per hari nya. Artinya, kendaraan dan penumpang hanya diperbolehkan masuk ke pelabuhan (check in) sesuai dengan waktu yang telah dipilih saat membeli tiket yang mana selanjutnya pengguna jasa akan naik ke kapal dengan sistem atau mekanisme first in first out (FIFO). Melihat masih banyaknya masyarakat yang belum familiar dengan layanan Ferizy di masa Angkutan Lebaran 2022 ini, ASDP menetapkan kebijakan operasional dan pelayanan e-ticketing system dimana Waktu Masuk Pelabuhan (Check In) Pengguna Jasa diperpanjang.

“Untuk ke depannya, kami harapkan layanan penyeberangan semakin modern atau sama dengan moda transportasi lain seperti kereta api dan pesawat udara dimana jumlah penumpang disesuaikan dengan kapasitas yang ada setiap saat. Segera setelah periode Angkutan Lebaran ini selesai, kami akan memberlakukan kembali penerapan pembatasan kedatangan sesuai tiket,” tutur Ira menjelaskan.

Baca Juga :   Polres Sarolangun Gerebek Gudang Penimbunan 10 Ton BBM Bio Solar Subsidi, Namun Pelakunya Tidak Di Tahan ????!!!!

ASDP terus mengingatkan seluruh pengguna jasa, agar untuk ke depannya agar selalu mengatur waktu perjalanan jauh-jauh hari dengan reservasi secara mandiri via Ferizy (tiket dapat dibeli H-60) sehingga aspek keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan penyeberangan dapat lebih terjamin.

“Mohon persiapkan perjalanan kapal ferry dengan baik mengingat tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan, dan pastikan beli tiket ferry hanya di website dan aplikasi FERIZY.com atau di mitra resmi ASDP, yaitu: Indomaret, Alfamaret, Agen BRILink dan Agen Finpay. Hal ini penting untuk memastikan ketersediaan tiket dan memperlancar pelayanan di pelabuhan,” ujar Ira menandaskan:.* (Ardiyanto)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini