Setelah Dua Tahun Vakum, Borobudur Tourism Expo Kembali Digelar

 

Jateng – Semarang – Newslan.id – Event wisata Borobudur Tourism Expo (BTE) bakal kembali digelar. Lokasinya berada di Grand Artos Hotel & Convention di Magelang. Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Jateng Jateng Sugeng Sugiantoro mengatakan, acara ini bekerja sama dengan Raja MICE sebagai penyelenggara kegiatan. Selain itu, pihaknya juga akan menggandeng para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ada 80 UMKM yang turut berpartisipasi unjuk gigi mempromosikan produk.

“Kegiatan ini sudah 20 tahun berjalan, namun dua tahun terakhir tidak terselenggara karena pandemi Covid-19. Tahun ini kegiatan ini akan berlangsung pada 15-17 Oktober 2022,” katanya, Selasa (26/4) di Kantor Disporapar Provinsi Jateng, Jalan Ki Mangunsarkoro Semarang. Tak hanya itu saja, dalam kegiatan tersebut Sugeng juga akan melibatkan asosiasi biro perjalanan, asosiasi wisata, UMKM dan perhotelan serta menggandeng perwakilan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur. “Saya harap acara ini nanti menjadi momentum bangkitnya industri pariwisata Jawa Tengah,” harapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga menjadi ajang pertemuan nasional perdagangan pariwisata dan ekonomi kreatif terbesar di Jawa Tengah. Dilaksanakannya kegiatan ini juga merupakan semangat dari G20Spirit yang merupakan kerjasama dari berbagai pihak di bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai wujud mendukung Presidensial G20 yang dipegang Indonesia untuk pertama kalinya. CEO Raja MICE/Chief Community Officer Panca R Sarungu menambahkan, untuk menarik perhatian turis asing yang akan berkunjung ke Jawa Tengah, ia bakal menggandeng dan bekerja sama dengan travel agent dari luar negeri. Dengan begitu, kegiatan BTE diharapkan mampu mencapai target transaksi senilai Rp 90 miliar. “Kami akan melakukan kerja sama dengan travel agent dari Malaysia, Singapura, China, India dan Amerika Serikat. Namun juga tidak menutup kemungkinan kami juga mengundang travel agent dari negara lain seperti Turki dan Australia,” katanya.
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata – Setyo Irawan mengatakan Borobudur Tourism Expo juga bertujuan mempromosikan dan menjual potensi destinasi wisata di seluruh wilayah Jawa Tengah, mempromosikan dan meningkatkan produk-produk UMKM. (Khr)

Baca Juga :   PERINGATAN DINI BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA ( BMKG ) CUACA UNTUK JABODETABEK
Mau Pesan Bus ? Klik Disini