Pelabuhan BBJ Jadi Alternatif Atasi Kemacetan Selama Angkutan Lebaran

Foto: Ardiyanto – Polres Lamsel siap mengamankan arus mudik lebaran di Pelabuhan PT. BBJ Muarapilu Bakauheni. Perketat Keamanan, Buka Posko Vaksin

BAKAUHENI LAMPUNG –  Newslan-id. Memasuki H-9 angkutan lebaran tahun ini, arus mudik dari pulau Jawa menuju Sumatera mulai ramai lancar, Minggu (25/4/2022).

Pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi dan umum mulai memadati pelabuhan penyeberangan Merak, Banten menuju pelabuhan Bakauheni, Lampung pada malam hari. Sementara arus mudik pada siang hari kondisinya masih normal.

Hal serupa juga masih terlihat di pelabuhan swasta yang di kelola PT. Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Dusun Muarapilu, Desa Bakauheni tak jauh dari pelabuhan Bakauheni yang di kelola PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Perusahaan swasta yang mengelola dua kapal ini siap melayani pengguna jasa penyeberangan khusus kendaraan barang seperti truk dan pickup dari pelabuhan BBJ Muarapilu Bakauheni tujuan pelabuhan BBJ Bojonegara, Serang, Banten.

Pelabuhan swasta yang di kelola PT. BBJ siap menjadi alternatif untuk mengatasi kemacetan di pelabuhan reguler Merak-Bakauheni.

Pengelola pelabuhan PT. BBJ Bakauheni Tatang Rohadi mengatakan, saat ini kapal yang beroperasi di dermaga yang di kelolanya yakni dua kapal. Yaitu, kapal KM JNW dengan kapasitas 27 unit kendaraan campuran dan KM Roswin dengan kapasitas 30 unit kendaraan campuran.

“Pelabuhan yang kami kelola dari rute BBJ Muarapilu Bakauheni menuju BBJ Bojonegara Serang Banten siap membantu mengurai kemacetan di pelabuhan reguler Merak-Bakauheni selama arus mudik lebaran tahun ini. Pelabuhan kami bis menjadi alternatif bagi kendaraan truk barang yang akan melintas dari Jawa ke Sumatera ataupun sebaliknya,” kata Tatang Rohadi, Minggu (24/4/2022).

Sampai saat ini, menurut Tatang Rohadi, pihaknya belum menerima surat imbauan dari Pemerintah pusat terkait larangan kendaraan truk barang atau truk non sembako melintas di Selat Sunda atau jalan raya. “Belum ada larangan truk barang atau non sembako dilarang melintas di jalan raya atau di pelabuhan yang biasa dikeluarkan oleh Kemenhub selama angkutan lebaran berlangsung,” ujarnya.

Baca Juga :   Ikuti Arahan Jokowi, Ganjar Pastikan Pelayanan Investasi Di Jateng Mudah-Murah-Cepat

Sementara itu, seperti pelabuhan Reguler Bakauheni-Merak yang di jaga ketat oleh petugas TNI/Polri, hal sama juga di lakukan di Pelabuhan BBJ Muarapilu Bakauheni. Petugas kepolisian memeriksa kendaraan yang masuk ke Pelabuhan BBJ untuk mengantisipasi penyelundupan barang-barang terlarang antara pulau.

Polres Lampung Selatan juga membuka Pos pengamanan dan pos pelayanan di pelabuhan swasta tersebut.

Petugas Satpolair Polres Lamsel Aipda Agung Gede Asmarajaya mengatakan, pemeriksaan kendaraan yang masuk ke Pelabuhan BBJ terus dilakukan untuk meningkatkan keamanan selama arus mudik lebaran tahun ini.

“Selain meningkatkan keamanan selama arus mudik, Polres Lamsel juga membuka Posko untuk vaksin bagi pemudik yang ingin vaksin di saat melintas di pelabuhan BBJ Bakauheni,” Tutupnya.* Humas (Ardiyanto)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini