Komisi E DPRD Jateng Dorong Vaksinasi Booster Digencarkan

Jateng – SEMARANG – Newslan.id – Pemberian vaksinasi ke III (Booster) terus digencarkan Pemerintah , dimana capaian vaksinasi didaerahpun terus dipantau Pemerintah beserta pemerintah daraha . Untuk itu menurut anggota Komisi E DPRD Jateng, dokter Messy Widiastuti mengatakan , harapan agar Pemerintah Kabupaten Semarang, dapat memacu percepatan vaksinasi, terutama untuk dosis ketiga atau booster.

Data sampai dengan tanggal 9 Maret 2022 tercatat capaian vaksinasi di Kabupaten Semarang untuk dosis I memang sudah 98 % dan dosis II 86 %. Namun demikian untuk vaksinasi dosis III baru 10 %.

Dengan data tersebut, Messy Widiastuti berpendapat untuk mendukung percepatan vaksinasi dosis III, diperlukan adanya sosialisasi gencar kepada masyarakat.
Hal itu disampaikan Messy dalam pertemuan di Setda Kabupaten Semarang, untuk memantau perkembangan vaksinasi di daerah itu.
Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Jateng, Rahmah Nurhayati mengemukakan selama proses vaksinasi, animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin sangat tinggi.
Vaksinasi Covid-19 ada dalam Peraturan Menteri Kesehatan No 10/2021 dan dibagi dua tahap yakni ada vaksinasi program dan vaksinasi gotong royong.

Tujuan dan strategi percepatan vaksinasi adalah untuk mendekatkan prinsip pelayanan ke masyarakat, dan masing-masing sentra atau gerai vaksinasi ini, memprioritaskan masyarakat di wilayah kecamatan atau desa tersebut, hingga seluruh sasaran terlayani. Di luar sentra atau gerai, masyarakat dapat mengakses pelayanan vaksinasi di puskesmas terdekat.

Selain itu kegiatan vaksinasi di puskesmas, ada pula pos vaksinasi di desa atau kelurahan dan di beberapa tempat wisata. Pelaksanaan vaksinasi juga terdapat di kantor OPD dan pabrik.

Supaya vaksinasi bisa diakses umtuk masyarakat umum, Dinkes Jateng bekerja sama dengan polri dan TNI untuk membuka gerai umum yang bisa di akses untuk masyarakat umum sekitar, dan vaksinasi door to door.
Kelompok sasaran vaksinasi di Kabupaten Semarang, yaitu SDM Kesehatan, lansia, petugas publik, masyarakat umum rentan, remaja dan anak-anak.

Baca Juga :   Wagub Jateng Ingatkan Pentingnya Pencegahan Tengkes Sejak Dini

Jumlah vaksinasi yang diberikan dari dosis I-III dan macam-macamnya seperti Sinovac, Astrazeneca, Sinofac-bf, Sinopharm BBIBP, Moderna dan Pfizer.

Selain itu hambatan dan kendalanya ada masyarakat yang tidak mau divaksin, masih banyak masyarakat yang tidak mau divaksin booster (vaksin ketiga), beredarnya informasi di masyarakat tentang efek samping vaksinasi, dan kekhawatiran masyarakat tentang efek vaksinasi dosis berikutnya. (Khrisna)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini