Sikapi Minyak Goreng Mahal, Armin Buat Minyak Goreng Kelapa Sendiri.

Lampung – Lampung Selatan – Newslan.id –  Bermula dari akibat langka nya minyak sayur dan harga yang cukup mahal warga Dusun Serungkuk Desa Kelawi kecamatan Bakauheni Lampung Selatan. Berupaya membuat minyak sayur dengan alat secara tradisional /27/februari/2022.

Pak Armin dan istri adalah pembuat minyak sayur yang bertempat tinggal di Dusun serungkuk Desa Kelawi kecamatan bakauheni lampung selatan, mengatakan berawal dari langka dan mahalnya harga minyak sayur untuk dikonsumsi akhirnya pak armin berinisiatif mempunyai ide dan gagasan untuk membuat minyak sayur sendiri dengan buah kelapa.
Adapun proses pembuatan nya juga tidak terlalu rumit dan tidak memerlukan biaya yang cukup mahal cukup dengan alat manual seadanya pembuatan minyak sayur melalui buah kelapa pun sudah bisa langsung diproses dengan cara-cara tertentu
Pak Karmin juga menutur kan Adapun proses pembuatan minyak sayur dari buah kelapa.

1. Menyiapkan buah kelapa bahan baku utama dari minyak sayur kelapa yaitu buah kelapa yang sudah masak atau yg kulit nya sudah kering atau buah klapa yg sudah tua. Lalu buah kelapa dikupas dan dibersihkan kulitnya hingga bersih dan dibuang batok kelapa nya. Setelah kelapa tersebut bersih dari kulitnya kelapa tersebut di diparut hingga halus . Setelah buah kelapa halus lalu buah kelapa diperas hingga sari dari parutan buah kelapa keluar dan pisah dari buah klapa.

2. Proses penggodokan
Air dari sari buah kelapa yang sudah disiapkan lalu digodok hingga mendidih. Setelah sari dari buah kelapa tersebut mendidih air kelapa yang sudah mendidih lalu disaring kembali. Setelah penyaringan selesai kelapa digodok kembali hingga mendidih dan matang. Setelah proses pembuatan selesai minyak kelapa didinginkan dan dimasukkan ke dalam botol agar tidak gampang tenggik atau basi.
Juga siap dipakai untuk menggoreng makanan yg akan di konsumsi.

Baca Juga :   Merasa Ditipu Senen Yang Tinggal Di Desa Mentawak Baru Melaporkan Sapri Warga Kelurahan Pamenang Ke Polres Sarolangun.

Pak Karmin berharap agar pemerintah segera menanggulangi harga minyak sayur yang sangat mahal dan langka. supaya harga minyak sayur dan harga-harga kebutuhan bahan pokok lain nya khusunya minyak sayur mudah di dapat dan mengenai harga bisa pulih kembali.pungkasnya
( Edimirza-Ardiyanto)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini