DPD Sunda Pasundan Bogor Gelar Ritual Ruwat Gunung Sangga Buana Di Desa Buana Jaya

 

Jabar – Bogor – Newslan.id.” Dalam rangka melestarikan Adat Budaya Sunda Perkumpulan Sunda Pasundan Bogor gelar Ritual Ruwat Gunung Sanggabuana dan Sedekah ( Syukuran ),Bumi di Desa Buanajaya Kecamatan Tanjungsari – Bogor timur pada ,Sabtu malam Minggu 26/2/2022.

Dan pada acara Ruwat Gunung tersebut melibatkan para Tokoh masyarakat Sunda dari se Jawabarat , Acara di gelar dari Sabtu pagi dan acara puncaknya Minggu malam tepat pukul 24:00 wib. Berbagai sesaji mewarnai Ruwat Gunung Sanggabuana dan Sedekah Bumi bahkan Panitia yang di dukung oleh Anggota DPRD Bogor dan DPR RI Pusat dari Partai PDI P, Memotong Dua (2) hewan Kerbau , dan Kambing , selain itu di isi dengan pertunjukan seni Pencak Silat dan Calung ( Angklung ), dari Paguyuban Sunda Akur Tanjungsari sebagai seni beladiri khas Jawabarat.

Ketua DPD Sunda Pasundan Bogor . Abah Suderajat Hidayat yang di dampingi Ketua Panitia , Aa Agung memberikan keterangan kepada ,Awak Media Newslan.id dan beberapa Wartawan lain yang meliput Acara tersebut.

Hari ini , Kata Abah Suderajat , Kami dari Sunda Pasundan dan seluruh Paguyuban Sunda se Jawabarat termasuk , OKP KNPI – Ormas – LSM yang tergabung menggelar Acara Syukuran Bumi dan Ruwat Gunung Sangga Buana yang berlokasi di Desa Buanajaya ini, disini juga hadir Anggota DPRD Bogor dan DPR RI Pusat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebagai bentuk dukungan , karena Ruwat Gunung dan Syukuran / Sedekah Bumi ini pada dasarnya bentuk rasa terimakasih kepada Allah Swt dan Alam yang kita pijak dan kita nikmati segala yang ada di Alam , Karunia yang sangat luar biasa dari Allah Swt untuk makhluknya. Kata Abah Suderajat.

Baca Juga :   Danrem 042/Gapu Kunjungi Lokasi Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun Di Kabupaten Merangin

Lebih lanjut Abah Sederajat.” Dan juga sebagai Pelestarian Adat Budaya Sunda yang sarat Pilosofi dan makna kehidupan ,yang mana kita hidup di Alam sudah sepatutnya kita menjaga dan menyatu dengan Alam , dan kita harus bersyukur Allah Swt dan kepada para Leluhur kita . Alhamdulillah acara berjalan lancar nantinya . Kami juga melibatkan warga dan Sesepuh lokal , dan berkoordinasi dengan , Bapak Kepala Desa Buanajaya ,Bapak SUDARJAT, juga pihak Polsek – Koramil Tanjungsari. Ungkap Abah Suderajat Hidayat yang di dampingi Agung.

Untuk inti Acara nanti malam kalau sekarang seremony saja ( Hiburan ) Pencak Silat dan Calung) Angklung dari Sunda Akur yang notabene Paguyuban Sunda Lokal , Perlu di ketahui juga Ruwatan Gunung ini Yang ke 7 kebetulan hari ini Ruwat Gunung Sangga Buana dan akan terus di lakukan di tempat tempat lain sesuai petunjuk dari para Leluhur . Kata Abah Suderajat.

,” SUDARJAT , Kepala Desa Buanajaya yang juga selaku Tokoh Sunda Tanjungsari mengatakan. Saya merasa bahagia dan bersyukur uga terimakasih kepada , Abah Suderajat Hidayat sebagai Ketua Sunda Pasundan Bogor dan juga rombongan Paguyuban Sunda lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu karena banyak juga yang hadir dan juga kepada , Bapak Dewan dari DPRD Bogor dan DPR RI Pusat PDI P.” Tuturnya.

“Lanjut Sudarjat. Atas nama warga Desa Buanajaya kami ucapakan terimakasih dan semoga acara ini berkah dan banyak manfaatnya untuk kami , dan juga ini bentuk rasa syukur kepada Allah Swt/ Tuhan yang maha Esa selain itu juga untuk melestarikan Adat Budaya Sunda jangan sampai hilang intinya itu , Kalau untuk acara inti / pumcaknya kata Abah nanti malam pasa pukul 24:00 wib ya kita ikuti saja semoga lancar dan selamat tidak ada halangan ini itu ” pungkas Sudarjat.|Marco – red .