Berita  

SERMA SUKMA SONAGAR ANGGOTA KORAMIL 2108 CARIU BAGI ILMU PENGETAHUAN DALAM PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN BUDI DAYA MAGOT

 

 

Bogor – Newslan-id – Perlu di Apresiasi Kreatifitas , dan Prestasi ,Serma. Sukma Sonagar Anggota Koramil 2108 Cariu yang bertugas sebagai BATUUD dan juga Bhabinsa Desa Bantarkuning, pasalnya selain berprestasi dalam tugas Sukma biasa di sapa, berprestasi dalam bidang pertanian, bukan hanya menanam Padi , Jagung dan lainnya, dia juga sudah merambah kebidang usaha ,Peternakan Ayam kampung, Budidaya Magot ,yang hasil dari kotoran Magot bisa di olah jadi pupuk Organik.

Dan terbukti usahanya tersebut menjadi tujuan , Program peningkatan ekonomi masyarakat di massa pandemi Covid -19. Program tersebut merupakan program dari ,Kepala Staf Angkatan Darat ( KASAD ) Jendral . Dudung Abdurahman , melalui Kodim – Koramil dan yang mengikuti dalam pelatihan , Yakni para Bhabinsa di tiap Desa di seluruh Kabupaten Bogor yang mencapai 40,Orang.

Latihan keterampilan budi daya Magot yang di kembangkan oleh ,Serma .Sukma Sonagar , menjadi tempat latihan keterampilan budi daya magot 40 orang Bhabinsa , di bimbing langsung oleh Serma , Sukma sebagai pelaku usaha di bidang budi daya magot tersebut.

“Sukma memaparkan kepada para Wartawan yang meliput kegiatan. Alhamdulillah kami kedatangan sahabat sahabat saya dari para Bhabinsa di Bogor yang merupakan dibawah Komando Kodim 0621 Bogor. Untuk belajar dan sharing dengan kami mengenai Budi daya Magot, apa itu magot, saya katakan dengan kata lain Black Soldier Fly , guraunya . ( Red -Sukma ) kalau bahasa kampung disini ya itu kotoran dari Lalat dan Belatung ( Ulat ) yang bisa di olah menjadi Pupuk organik dan juga campuran pakan ternak Unggas seperti Ayam dan juga bisa di gunakan untuk Pupuk Padi , Jagung , Sayuran dan lainnya tampa campuran bahan Kimia ,hasilnya pun sangat baik / menguntungkan.” Ungkapnya.

Baca Juga :   Belasan Musisi Nasional Bertemu Ganjar Diskusikan Program Industri Kreatif

Lanjut Sukma.” Saya merasa senang bisa berbagi ilmu pengetahuan kepada yang lain terlebih ini dari sama sama Anggota TNI yang bertugas di tiap Desa di wilayah Bogor. Dan kemudian setelah sdri sini teman teman Bhabinsa menyalurkan ilmu pengetahuan yang dari sini ke warganya. Untuk itu saya sangat senang bisa berbagi pengetahuan ,saya rasa tidak sulit untuk budi daya magot ini tidak perlu modal besar , lahan yang tidak luas juga, tapi hasilnya cukup menjanjikan dan juga yang lebih bagusnya tampa kimia.”Imbuhnya.

“Kapten. Andika Fitriyadi. Perwira Seksi Teritorial Kodim 0621 Bogor yang juga hadir dan sekaligus Pimpinan dalam program ,Latihan Keterampilan tersebut mewakili dari , Dandim 0621 Bogor.Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara yang tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain.

“,Andika menyampaikan. Latihan keterampilan ini merupakan program peningkatan Ekonomi untuk warga masyarakat dari, Bapak, KASAD,.   ( Jendral. Dudung Abdurahman ) yang di di Kodim 0621 Bogor dan selanjutnya di tiap Koramil yang ada di Bogor ,dan untuk selanjutnya di berikan tugas kepada para Bhabinsa – Bhabinsa untuk mengikuti pelatihan keterampilan di bidang usaha dan nantinya di bagikan juga kepada warganya ” Tuturnya.

“Andika menambahkan.” Yang mengikuti pelatihan hari ini sebanyak lebih kurang 40 orang Bhabinsa dan ada juga warga masyarakat ya , dari seluruh Desa yang ada di bogor. Saya, kata dia , sangat mengapresiasi Serma Sukma Sonagar yang mana atas kreatifitas , Inovasi nya dan juga pengetahuannya bisa memberikan / berbagi pengetahuannya ini patut di hargai karena ini sangat bermanfaat sekali.” Punkasnya.11/2/2022.| Marco.