Berita  

Sosialisasi Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

Lampung – Lamsel – Newslan-id – Dalam upaya menyukseskan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), perwakilan tim Puskesmas Rawat Inap Ketapang mensosialisasikan program tersebut diaula kantor Desa Ruguk, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (10/Februari/2022).

Kegiatan sosialisasi tersebut, diikuti dari empat desa, yaitu, Desa Ruguk, Desa Sumur, Desa Tri Dhana yoga, dan Desa Sidoluhur.

Kepala UPT Puskesmas Ketapang, Samsu Rizal saat dihubungi melalui WhatsApp, menjelaskan bahwa program STBM merupakan bentuk upaya masyarakat dalam menjalani hidup bersih dan sehat. “Kita mensosialisasikan ini supaya masyarakat bisa merubah pola hidup menjadi lebih bersih dan sehat,” jelasnya.

Lanjut dia, memaparkan bahwa dalam STBM tersebut, sendiri terdapat lima pilar. Yaitu stop buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF), cuci tangan pakai sabun, pengelolaahan air minum dan makanan rumah tangga, pengolahan sampah, dan pengolahan limbah cair.

“Untuk Kecamatan Ketapang sendiri sudah 100 persen ODF tepatnya ditahun 2019 lalu. Dengan begitu kami mulai mensosialisasikan ke Desa-desa untuk menyukseskan program STBM itu,” paparnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Desa Ruguk, Saful, s,e mengungkapkan, bahwa dirinya beserta aparatur desa yang mewakili desa-desa lain yang hadir akan bersinergi dengan masyaraka, untuk mensukseskan prongram STBM di Desa tersebut.

“Ya kami akan benar-beran mengupayakan untuk kesuksesan program ini. Program ini akan benar-benar kita terapkan ke masyarakat. Kita akan memaksimalkan program ini di Desa,” tutupnya.(Jupri/Ardiyanto).

Baca Juga :   Keresahan Masyarakat Atas Maraknya Perjudian Di wilayah Kec. Batang Asam Kab. Tanjab Barat