Berita  

Penelitian ITB : Semarang Kota Paling Peduli Perubahan Iklim

Penelitian ITB : Semarang Kota Paling Peduli Perubahan Iklim

Jateng – SEMARANG – Newsland.id – Kota Semarang meraih peringkat pertama sebagai Kota Cerdas Indonesia 2021 yang memiliki kepedulian terhadap perubahan iklim. Semarang masuk dalam peringkat lima besar sebagai kota yang memiliki kepedulian terhadap kepedulian iklim, secara berurutan disusul Surabaya, Kota Bogor, Kota Bandung, dan Kota Tangerang.
Demikian rilis Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas Institut Teknologi Bandung (ITB) terhadap hasil riset tentang Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021.
Ketua Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas ITB Prof Suhono Harso Supangkat dalam keterangan tertulisnya di Bandung, memaparkan kelima kota tersebut adalah Semarang, Surabaya, Kota Bogor, Kota Bandung, dan Kota Tangerang.
Pada riset ini, kata Prof Suhono, yang disebut kota cerdas adalah kota yang dapat mengelola berbagai sumber daya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai tantangan kota menggunakan solusi cerdas guna menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan-layanan kota yang dapat meningkatkan kualitas hidup warganya.
“Penilaian pada kategori ini dilakukan secara khusus untuk mengetahui dukungan kota dalam menghadapi permasalahan perubahan iklim yang berdampak pada panasnya permukaan bumi yang berasal dari peningkatan kadar CO2,” kata dia.
Adapun indikator yang menjadi tolok ukur dukungan terhadap perubahan, di antaranya adalah penggunaan energi terbarukan, meminimalisaasi kendaraan, dan pengelolaan lingkungan.
Lebih detail indikator membahas terkait, substitusi energi, implementasi kendaraan hemat energi, penggunaan kendaraan umum, penambahan ruang terbuka hijau.
Prof Suhono mengatakan seiring peningkatan arus urbanisasi, permasalahan di area perkotaan ikut tumbuh.
Ia juga menuturkankepadatan penduduk di area perkotaan dengan kondisi gas carbon yang tidak terkontrol dapat mengancam perubahan iklim dunia.
Menurut Koalisi Transisi Perkotaan, kota bertanggung jawab atas 75 persen dari total emisi karbon dunia.
Dalam hal ini, beberapa kota di Indonesia telah menyadari pentingnya berfokus untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim dunia. (Khrisna)

Baca Juga :   Saat Lebaran Sepak Bola Menjadi HiburanTontonan Yang Sangat Menarik Untuk Masyarakat Pamenang dan sekitar nya….!!