Bupati Jepara Berikan Penghargaan kepada Lima Dalang Cilik

 

Jateng – JEPARA – Newslan.id – Bupati Jepara Dian Kristiandi memberikan penghargaan kepada lima orang dalang cilik berprestasi, di Desa Sowan Lor, Kecamatan Kedung. Penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan Rp1 juta per anak itu sebagai bentuk kecintaannya terhadap kesenian dan budaya tradisional.
Kelima orang dalang cilik tersebut adalah, Wahyu Dhama Dhara (8), Tegar Fachrur Rozi (9), Heiga Deniar (12), Catur Arya Setyanugrraha (15), dan Walindika Rafiasyah (16).

“Penghargaan ini, diharapkan menjadi semangat bagi mereka untuk terus dapat menjaga, serta melestarikan kesenian wayang, khususnya di Kabupaten Jepara,” ungkap Andi, sapaan akrabnya.
Bupati berharap, dengan pementasan yang dilakukan dapat memperkenalkan kesenian wayang kepada generasi muda. Jangan sampai anak-anak tidak tahu tokoh pewayangan, seperti Semar, Petruk, Gareng, Bagong, hingga tokoh Pandawa.

“Bagaimana kita mau tahu ceritanya, sedangkan lakon atau tokoh-tokoh wayangnya saja tidak tahu,” katanya.
Menurut Andi, tokoh-tokoh wayang tersebut memerankan cerita mewakili kehidupan dan watak manusia, yang hidup di dunia nyata. Ada tokoh yang baik sebagai panutan, juga ada tokoh yang buruk.

“Saya berharap wayang ini, tidak hanya menjadi tontonan, tapi juga menjadi tuntunan yang baik bagi masyarakat,” kata dia.
Terakhir, lanjut bupati, penghargaan yang diberikan ini, diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta terhadap seni pedalangan dari wayang sebagai warisan budaya tak benda, yang sudah diakui UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). (Khrisna)

Baca Juga :   Polsek CSR (Cisarua) Bersama Unit Laka Lantas Tangani Adanya Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Raya Puncak
Mau Pesan Bus ? Klik Disini