Berita  

Tim Dari Kantor Bahasa Lampung Mengapresiasi Pegiat Literasi,

 

Lampung – Lamsel – Newslan.id – Tumbuhnya budaya dan komunitas pegiat leterasi di Kabupaten Lampung Selatan. Antara lain ditandai dengan terlaksananya beberapa kegiatan, seperti kunjungan kedinasan serta penyerahan secara simbolis beberapa buku baca kepada Komunitas pegiat Literasi.

Kantor bahasa Lampung dalam beberapa tahun terakhir, juga telah aktif melakukan kunjungan serta pembinaan dan pendata,an komunitas pegiat literasi diberbagai daerah, salah satunya adalah Kabupaten lampung Selatan,

Tepatnya disalah satu rumah komunitas pegiat Literasi yaitu, kediaman Bapak Sugeng, di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Selasa (25/Januari/2022) kemarin.

Agus salah satu team dari kantor bahasa saat konfirmasi menjelaskan, terkait kunjungan tersebut adalah, dalam rangka pemetaan Lterasi yang ada di Lampung Selatan,

Selain itu dirinya menyampaikan program badan bahasa, terkait untuk database bahwa Literasi yang dikunjungi dengan format yang dibawa, itu agar segera di isi sebagai buku induk Literasi ditingkat nasional.

D isamping itu selain untuk pembina,an juga apa yang kurang di kabupaten Lampung Selatan ini komunitas seperti apa,

Bergerak seperti pengetahuan kita mengkoservasi sudah cukup baik,tetapi nanti perkembangan seperti apa sambil melihat berjalannya waktu proses nanti dipendataan.

” Lanjutnya, menurut Sugeng, sudah ada 67 komunitas sudah berjalan, akan tetapi dari kunjungan nya di Lampung Selatan ini, diri melihat belum ada perhatian dari dinas perpustakaan daerah belum ada sentuhan untuk memberikan SK sebagai legalitas penggiat leterasi tersebut.

Ia juga menambahkan mudah-mudahan dengan kunjungannya di Lampung Selatan bisa ada regulasi yang bisa menguatkan komunitas itu ditandatangani SK nya oleh Bupati,” ungkanya.

Ditempat yang sama TUDO pengkaji bahasa dan sastra dari kantor bahasa Lampung juga menambahkan, bahwasanya tentang perkembangan komunikasi-komunitas yang ada diera sekarang ini, harus solid dalam melakukan kegiatan dan harus saling support antara satu dengan yang lainnya.

Baca Juga :   Lurah Teratai Tutup Sementara Gerai Indomaret

” Masih kata dia, kita melihatnya kearah situ, tapi ada keinginan serta harapan semoga kedepannya, pemerintah daerah menimal dari perintah Desa ada sedikit perhatian. Menurutnya

Komunitas pegiat Literasi yang ada di kabupaten Lampung Selatan, belum ada pihak-pihak yang terkait untuk melihat seperti apa mereka para pegiat Literasi itu,” ucapnya.

” Lanjutnya, dirinya berharap untuk kedepannya dengan seiring nya waktu dan perkembangan jaman

Komunitas pegiat Literasi akan menjadi program unggulan, karena Literasi secara tidak langsung bisa meningkatkan mutu dari SDM yang ada di Lampung Selatan.

Karena menurutnya dengan meningkatnya SDM, akan berpengaruh pada ekonomi dan juga perkembangan sosial, jadi memang awalnya harus dimulai dari meningkatkan perhatian pada kegiatan Literasi,”

Sugeng Haryono adalah salah satu pegiat Literasi yang ada di Desa Pasuruan, kecamatan Penengahan mengatakan, ini adalah sebuah apresiasi buat kami,

Karena apa yang kita lakukan selama ini di masyarakat, ada reaksi positif di masyarakat yang kita dapatkan,

Ketika kita sudah melakukan aksi kegiatan literasi,” ucapnya.

” Lanjut nya, selain reaksi positif dimasyarakat, ternyata juga ada apresiasi salah satunya, dari kantor bahasa, dengan mereka berkunjung ke Lampung Selatan dengan pendataan komunitas komunitas Literasi yang ada di Lampung Selatan ini,

Maka menjadi apresiasi bagi Kami. Dan harapan kami ketika sudah ada tindakan atau pendataan penggiat literasi di Lampung Selatan, ini bisa menjadi satu titik capaian,” sambungnya.

” Kata dia” bukan hanya kegiatannya saja yang ada, akan tetapi angka dan data itu menjadi lebih valid nantinya. Supaya bisa menjadi motivasi kepada yang lain ataupun influence kepada Kabupaten-Kabupaten yang lain ataupun untuk Lampung Selatan itu sendiri.

Dalam mewujudkan Kabupaten Lampung Selatan sebagai Kabupaten Literasi dengan adanya kunjungan tim dari kantor bahasa Lampung,

Harapannya, apa program-program yang ada di kantor bahasa itu bisa kita ketahui dan kita bisa sosialisasikan juga kepada teman-teman,tutupnya (Ardiyanto)