MUSRENBANG RKPD KECAMATAN TANJUNGSARI BERSAMA BAPPEDA LITBANG KABUPATEN BOGOR PERENCANAAN TAHUN 2023

NEWSLAN.ID

Kamis .27/1/2022

 

Jabar – Bogor – Newslan.Id .” MUSRENBANG Kecamatan Tanjungsari pada ,Kamis .27/1/2022 bersama BAPPEDALITBANG Kabupaten bogor bahas Perencanaan Pembangunan Tahun 2023 , yang bertempat di Gedung olahraga ( GOR ) Desa Tanjungsari di hadiri , Unsur Muspika Kecamatan Tanjungsari.

Camat Tanjungsari. Drs. Sutisna
Sekretaris Camat.H
Suryana.SKM. MM.
Danramil Koramil 2108 Cariu – Tanjungsai. Kapten Inf. Joko Mulyanto
Kapolsek Tanjungsari. Iptu . Hartanto SH
Kasi Ekbang. Sugiat Syarif.S.Ap
Irsan .S.Sos. M.Ap. dari BAPPEDALITBANG Kabupaten bogor.
Para Kepala Desa setanjungsari, Para Ketua Kelompok tani , Upt Pertanian , Dinas Kesehtan Puskesmas Tanjungsari , UPT Dinas PUPR. Pendamping Desa , Kader PKK tiap Desa , BPD – LPM dan Tokoh masyarakat , MUI Kecamatan Tanjugsari.

Camat Tanjungsari. Dalam paparannya menyampaikan , dalam rapat ini saya ,kata Sutisna, menyampaikan apa yang tercantum dalam agenda MUSRENBANG Perencanaan pembangunan di tahun 2023 yang akan datang yaitu terkait , Pertanian , Peternakan , Pendidikan , Kesehatan , dan Pembangunan Infrastruktur Desa ,RTLH , maka dari itu saya minta untuk para Kepala Desa khususnya segera menyiapkan berkas pengajuan apa saja yang di usulkan yang pada dasarnya, untuk kemajuan Desa dan masyarakat bukan segelintir / sekelompok tertentu. Karena sekarang mekanisme pengajuan melalui data Perifikasi validasinya dari Desa, iuntuk yang belum mengajukan segera ajukan jangan sampai ketinggalan ini sangat penting untuk kemajuan Desa / Wilayah Tanjungsari. Papar Sutisna.

Selanjutnya Sutisna menambahkan. Ini ada beberapa Item yang tercatat seperti , Alat penunjang Pendidikan ( ANBK ) yang Anggarannya cukup Lumayan Rp.126,720.000,-tapi itu tdk semua anggarannya berkisar segitu berpariasi sesuai tingkat kebutuhannya. Ada juga Pembangunan Infrastruktur seperti IPAL, Komunal. Sebesar Rp.425.000.000,- di Desa Skarasa. Kontruksi Drainase Lingkungan Rp. 500,000.000,-
DED.D.I. Cibe,et Bedahan Desa Buanajaya Tanjungsari , dan Kampung Tegal Imbon Desa Cikutamahi Rp.100,000.000.- dan seterusnya ,dan yang lainnya seperti yang tadi di sebutkan di awal ,termasuk Program SAMISADE melalui program Pancakarsa Ibu Bupati Bogor .”Ungkap Sutisna.

Baca Juga :   Tabir Menjadi Sasaran Serbuan Vaksinasi Tim Mobille Berikutnya

Sementara dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( BAPPEDA LITBANG ) Kabupaten bogor, Pungsional. Irsan S.Sos.M.Ap. menyampaikan bahwa secara teknis mengenai Perencanaan Pembangunan di Desa itu sekarang pengajuannya harus dari Pemdes dahulu. baik itu data , Perifikasi Validsi pengajuan. Tidak bisa langsung di Perifikasi dan di ajukan oleh pihak Kecamatan, kalau sekarang justru dari desa, pihak Kecamatan melalui Kasi Ekbang , PUPR , Pertanian ,Dinkes , itu harus berkoordinasi dengan Desa , intinya kita harus turun langsung ke Desa.”Papar Irsan.

Dari beberapa Kepala Desa mempertanyakan secara teknis ,aturan , pengajuan yang kadang kami di Desa kurang faham dalam hal pengajuan terkait realisasi di lapangan meskipun ada PEDUM, RAB ,SOP. jadi kami mohon petunjuk dari , BAPPEDA dan instansi terkait.ungkap perwakilan Dari Kepala Desa setanjungsari. Sudarjat Kades Buanajaya dan Jajang Rustala dari Desa Cibadak.

Sementara dari pihak Dinkes Puskesmas Tanjungsari yang di wakili. dr.Sopian , Mengusulkan pembangunan Pustu baru di wilayah Desa Sukarasa dan Desa Buanajaya rehab bangunan Pustu / Wahana dan itu sudah di sepakati tinggal realisasi ini hanya memperkuat.” Kata Sopian.27/1/2023 ( Marco ).