Ritel dan grosir digital pertama di Indonesia bernama Scan and Go hadir di Kota Padang.

 

Sumbar – Padang – Newslan.id – Pembukaan toko yang berlokasi di Jalan Adinegoro, Kecamatan Kota Tangah ini langsung diresmikan oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Selasa (25/1/2022).

Scan and Go dikelola oleh PT Ariska Global Utama dan PT Seraya Digital Indonesia. Menyediakan semua kebutuhan pokok harian masyarakat tersedia dengan aplikasi Tokuonine.com.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Scan and Go merupakan terobosan sangat luar biasa. Sebab menggabungkan ritel dan grosir digital.

“Di samping ada pelayanan di sini, juga bisa meraih digitalisasi. Petugas di sini juga mengedukasi, pembayaran juga ada yang digitalisasi. Ini sangat lah tepat, karena tentunya mendukung digitalisasi di Sumbar, Kota Padang khususnya,” kata Mahyeldi usai pembukaan.

Menurutnya, toko ini akan memberikan literasi dan mencerdaskan masyarakat. Apalagi di era sekarang digitalisasi tidak dapat dibendung.

“Dan kita harus mengikuti dan meningkatkan kompetensi. Alhamdulillah tadi karyawan di sini tidak hanya melayani tapi mengedukasi konsumen,” jelasnya.

“Mudah-mudahan, Insya Allah dengan hadirnya ritel pertama di Indonesia yang menggabungkan grosir dan ritel digital akan lebih banyak hadir lagi,” sambungnya.

Mahyeldi juga berharap Scan and Go bisa bisa memfasilitasi dan membina UMKM di Sumbar. Sehingga dapat menggerakkan perekonomian Sumbar.

Perlu diketahui, Scan and Go memiliki visi misi meningkatkan perekonomian digital di Indonesia dengan cara membina UMKM di daerah marginal. Terutama di Sumbar, dengan sistem management yang baik dan terdigitalisasi.

Direktur Operasional Scan and Go, Agung Tianara mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung produk UMKM di Sumbar. Salah satunya memfasilitasinya di dalam platform.

“Jadi awalnya kami akan memberikan tempat untuk memasarkan produk mereka (pelaku UMKM). Selain itu, kami juga akan memasukkan produk mereka ke platform, sehingga bisa dibeli seluruh Indonesia,” kata dia.

Baca Juga :   Diduga Telah Terjadi Penyimpangan Penggunaan Dana Desa LSM-PPD Resmi Melaporkan Desa Taba Remanik

Tianara sangat berterima kasih dengan pemerintah provinsi yang mendukung hadirnya Scan and Go. Visi dan misinya pihaknya sejalan bagaimana digitalisasi semakin berkembang.

“Kami ingin menyebarkan digitalisasi di Sumbar, khususnya Kota Padang. Kami sudah memiliki rencana untuk membina UMKM untuk supaya lebih terdigitalisasi,” tuturnya. (Dayat – Newslan)