Pemerintah Desa Berundung Dalam Rangka Persiapan Lomba Desa Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Lampung Selatan

Lampung – Lamsel – Newslan.id – Tim Pembina Lomba Desa Kecamatan Ketapang melakukan pembinaan kepada Pemerintah Desa Berundung dalam rangka persiapan lomba desa tahun 2022 tingkat Kabupaten Lampung Selatan yang dilaksanakan di aula Kantor Desa Berundung, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa, (18/Januari 2022).

Hadir pada acara tersebut, Camat Ketapang beserta ketua tim penggerak PKK kecamatan, Kepala Desa Bersama aparaturnya, Ketua BPD, Ketua PKK Desa dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi masyarakat dan swadaya gotong-royong masyarakat di desa Berundung perlu dilaksanakan Perlombaan Desa secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.

Perlombaan Desa disamping mengevaluasi keberhasilan pembangunan desa, pada hakekatnya adalah sebagai salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri yang sekaligus mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa dengan melihat lonjakan perkembangan pembangunan desa selama 2 (dua) tahun terakhir, dari segala aspek kehidupan masyarakat antara lain peningkatan kualitas bidang kehidupan ekonomi, sosial, politik dan budaya masyarakat.

Sasaran penilaian adalah tingkat keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah bersama masyarakat yang dititik beratkan pada usaha kegotong-royongan dan keswadayaan masyarakat. Penilaian Perlombaan Desa didasarkan atas tingkat perkembangan desa tahun sebelumnya (2021 dan 2022), yang bersumber dari Profil Desa yang terdiri dari 9 Indikator yaitu, 1. Pendidikan, 2. Kesehatan Masyarakat, 3. Ekonomi Masyarakat, 4. Keamanan dan Ketertiban, 5. Partisipasi Masyarakat, 6. Pemerintah Desa, 7. Lembaga Kemasyarakatan, 8. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Lomba desa tingkat Kabupaten tahun 2022 kali ini yang akan berlangsung pada tanggal 18/Januari/2022) pekan depan yang akan di laksanakan di Desa Berundung, adapun kekurangan yang masih dalam proses persiapan namun Desa berundung sudah siap untuk ikut lomba desa.

Baca Juga :   Kakanwil Pimpin Pengambilan Sumpah 403 PNS Kemenkumham Jateng

Sementara Kepala Desa Berundung, Sunarso mengungkapkan, desa kami ini memang masih baru dan perlu bimbingan serta saran untuk membangun. “dirinya berharap dengan adanya kegiatan lomba desa ini dapat ilmu dan bisa ada perubahan, terutama untuk semua perangkat desa dari tingkat RT sampai ke kelembagaan yang ada di desa diantaranya BPD, LPMD, juga yang lainnya karena desa tak mungkin membangun tanpa ada kerja sama dari semua ini, saya berharap dengan ikut melaksanakan lomba desa ada perubahan dari segala sisi terutama keterbukaan dan kekompakan, apa lagi kegiatan gotong royong yang selama ini hampir hilang, mudah-mudahan dengan adanya lomba desa ini dapat menghidupkan lagi ke gotong royongan, karena untuk membangun sebuah desa yang lebih maju dan berkompeten harus ada kerja samanya,” ucapnya.

Camat Ketapang Madro’i saat dikonfirmasi mengatakan bahwa lomba desa tingkat kabupaten untuk mewakili Kecamatan ketapang adalah desa berundung, terkait dengan pertemuan kali ini ada yang pertama terkait persiapan lomba desa. Selai persiapan pihak dari Kecamatan juga memberikan pembinaan bagi desa tersebut yang akan mengikuti lomba. Persiapannya sendiri, “kata camat yaitu, kegiatan fisik serta administrasi serta kegiatan-kegiatan yang mempunyai nilai lebih yang menjadi inovasi-inovasi yang menjadi unggulan desa berundung. Karena kegiatan ini masih dalam masa pandemi, maka kegiatan nanti tetap menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.(Ardiyanto).

Mau Pesan Bus ? Klik Disini