Berita  

Shupadi Memanfaatkan Limbah Kulit Kerang Bisa Bernilai Ekonomis.

Lampung – Lamsel Newslan.id – Seorang laki-laki berusia (42) tahun warga kampung sawah Minang Rua bernama Shupadi memanfaatkan limbah kulit kerang bisa bernilai ekonomis. Dengan kreativitas diri nya mampu menyulap cangkang kerang yang dikumpulkannya dari bibir pantai menjadi asbak rokok.

“Kulit kerang diambil dari tepi pantai yang tak jauh dari tempat nya tinggal, kurang lebih 300 m,” kata shupadi sa,at disambangi di kediamannya di Dusun Minang rua, Desa kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, pada Rabu (14/Januari/2022).

Dengan keterampilan tangannya shupadi ‘menyulap’ limbah kulit kerang itu menjadi barang yang laku dijual. Seperti asesoris, asbak rokok.

Shupadi mengaku produk kulit kerang hasil olahan tangannya itu di jajakan kepada pengunjung di lokasi wisata Pantai Minang Rua.

“Banyak juga sih yang beli karena harga yang kita tawarkan relatif murah dan dapat dijangkau,” terang Shupadi.

Saat dikonfirmasi, Shupadi, menceritakan awalnya, dia kekebun miliknya setelah bekerja dirinya beristirahat dan menemukan cangkang kerang lalu timbul pikiran ide creatif nya untuk memanfa,atkan limbah tersebut. Lantas Shupadi berfikir bagaimana memanfaatkan limbah cangkang kerang agar bisa menghasilkan uang. Dengan keinginan yang kuat, Shupadi mencoba membuat asbak rokok.

“Lalu hasil karyanya di jajakan didepan rumah nya sa,at pengunjung wisata lewat melihat dan alhasil banyak yang membeli.

Pekerja,an ini Saya lakoni selama 2021 hingga sekarang,” kata Shupadi.

Menurut Shupadi hasil karyanya itu sudah banyak yang membeli, mulai dari pengunjung wisata bahkan warga seputaran Kecamatan Bakauheni tempat dirinya tinggal. Dirinya berharap ada kepedulian pemerintah desa maupun pemerintah daerah untuk bisa memberikan bantuan demi mengembangkan bakat nya itu,” tutupnya.(Ardiyanto).

Baca Juga :   Warga Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Pati Geruduk Galian C Ilegal.
Mau Pesan Bus ? Klik Disini