Berita  

Seniman Kaliwungu ini Gunakan Air Kopi untuk Melukis , keren !

Jateng – KENDAL – Newslan.id – Menikmati kopi sudah menjadi tren di kalangan anak muda, namun siapa sangka selain bisa menjadi minuman kopi dan ampasnya bisa dimanfaatkan untuk bahan dasar melukis.

Di Kendal seorang pemuda menggunakan kopi sebagai pewarna dalam melukis.
Karya lukisan kopi ini pun tidak kalah dengan lukisan menggunakan cat minyak, butuh ketelatenan dan ketrampilan saat meracik kopi menjadi pengganti cat untuk melukis.
Adalah Andre Hermawan, warga Kutoharjo Kaliwungu Kendal ini mencoba menggunakan bahan pewarna yang berbeda dengan pelukis pada umumnya.
Tidak menggunakan cat minyak atau pensil warna, tetapi Andre menggunakan air kopi atau ampasnya.

Selain menggunakan medium kopi dengan air, pelukis ini juga banyak membuat lukisan kopi dengan bahan ampas kopi. Butuh ketrampilan dan ketelatenan, untuk menyiapkan bahan yang akan digunakan untuk melukis kopi ini.
Andre Hermawan ini memilih melukis dengan air kopi dan memilih kopi tanpa ampas. Kopi tersebut diseduh menggunakan sedikit air, agar kental dan tidak terlalu encer sehingga mudah saat menggoreskannya ke atas kanvas atau kertas.

Campuran kopi tanpa ampas dengan sedikit air inilah yang menjadi bahan dasar pewarna dalam melukis.
Untuk menuangkan di atas kertas atau kanvas bisa juga menggunakan sketsa atau langsung menggoreskan adonan kopi kental ini. Butuh kehati-hatian dan campuran yang pas agar kopi tidak merusak kertas atau kanvas.

“Melukis menggunakan kopi lebih menarik jika dibandingan dengan cat air atau pensil warna. Kalau awalnya saya menggunakan ampas kopi, namun sekarang mencoba menggunakan air kopi yang kental,” ujarnya.
Karya yang dihasilkan umumnya sketsa wajah atau lukisan pemandangan. Andre tidak sungkan membagikan keahliannya dengan anak-anak di kampungnya, agar lebih menyukai seni melukis khususnya melukis menggunakan air kopi atau ampas kopi. (Khrisna)

Baca Juga :   DIANCAM LELANG, PAK ALIUS MERADANG
Mau Pesan Bus ? Klik Disini