Berita  

Selama Libur Nataru Pengunjung Lawang Sewu Diprediksi Capai 600 Perhari.

 

Jateng – Semarang – Newslan.id – Mulai meningkatnya arus lalu lintas di Kota Semarang mulai tampai di jalan jalan protocol , ini salah satunya disebabkan oleh kendaraan wisatawan yang mengunjungi tempat tempat wisata di Kota semarang, karena momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi penanda padatnya objek wisata di Kota Semarang oleh para wisatawan.

Salah satu Destinasi di Kota Semarang yang mulai diserbu wisatawan adalah Destinasi wisata Lawang Sewu yang mengalami peningkatan pengunjung hingga 6 ribu orang per harinya.

“Rata-rata jumlah kunjungan Lawang Sewu saat hari Senin-Jumat (week day) di bulan Desember mencapai 1.300 pengunjung atau naik 15 persen dibandingkan jumlah kunjungan bulan November kemarin. Kami memperkirakan pada puncak libur Nataru ini bisa mencapai 6 ribu orang yang berkunjung,” kata Manager Museum Lawang Sewu dan Indonesia Railway Museum Trisna Cahyani.
Trisna Cahyani menjelaskan , pada akhir pekan di bulan Desember rata-rata jumlah pengunjung mencapai 4.500 orang. Kondisi itu membuat persentase pengunjung naik sekitar 125 persen dibandingkan kunjungan saat November.

Adapun peningkatan jumlah pengunjung terjadi karena imbas pembatalan PPKM Level 3 yang akan diterapkan saat libur Nataru ini.
“Pembatalan PPKM itu membuat kami harus semakin waspada dan tetap konsisten menerapkan prokes dalam melayani kunjungan wisatawan di masa Nataru 2022 ini,” terangnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga tidak dapat menargetkan secara khusus jumlah pengunjung yang datang. Tetapi, ia akan lebih memfokuskan pada penerapan protokol kesehatan para pengunjung.

Trisna berharap, agar pengunjung yang datang ke Lawang Sewu tak hanya bisa berwisata dan melepas penat, namun tetap merasa aman dan nyaman.

Selain itu, pihaknya juga memberikan kesempatan kepada beberapa pelaku UMKM dalam jumlah terbatas, untuk hadir di Lawang Sewu guna menambah fasilitas bagi pengunjung untuk membeli makanan dan minuman selama masa kunjungan mereka.

Baca Juga :   Presiden Serap Aspirasi Peternak Kerbau di Pulau Moa soal Kesulitan Air

“Itu hanya selama masa libur Natal dan Tahun Baru, yaitu mulai 25 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, Museum Lawang Sewu buka dari pukul 07.00 dan tutup sampai pukul 20.00,” tandasnya. (Khrisna)