Berita  

PMI Merangin Mati Suri, Perlu Kerjasama Semua Pihak.

.

Jambi – Merangin – Newslan.id – Palang Merah Indonesia (PMI) sudah tidak asing lagi  bagi masyarakat, yang mana tujuan utamanya kemanusiaan.
Namun banyak yang belum tahu tupoksi PMI keseluruhan nya. Selasa (21/12/2021)

Setiap tanggal 17 September diperingati sebagai hari Palang Merah Indonesia (PMI). PMI merupakan salah satu organisasi di Indonesia yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

Ketua pertama dalam organisasi ini adalah bapak Drs. Mohammad Hatta yang saat itu menjabat pada tahun 1945-1946. Kira-kira apa aja ya, tugas organisasi yang bergerak di dalam bidang kesehatan ini? Yuk simak tugas-tugas pokok nya :

1. Penanganan Bencana
Tugas pokok PMI yang pertama adalah penanganan atau penanggulangan bencana. Penanganan bencana diberikan dengan memberikan pertolongan dan bantuan kepada korban karena bencana alam. Penanganannya seperti mengevakuasi korban bencana, melakukan pertolongan pertama, mendirikan penampungan darurat dan dapur umum, dan menyediakan akses air bersih dan sanitasi.

2. Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat
Tujuan organisasi ini dalam melakukan tugas pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat adalah untuk memperbaiki, mendukung, dan memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Beberapa pelayanan yang diberikannya yaitu, pengendalian penyakit menular, seperti HIV, TBC, Flu burung, Malaria dan DBD. Menyediakan pelayanan sosial bagi lansia, anak jalanan dan memberikan pengetahuan dasar mengenai air bersih dan ilmu gizi.

3. Pembinaan PMR dan Relawan
Salah satu ekstrakulikuler yang ada di setiap tingkat pendidikan dan berhubungan dengan kesehatan. PMR (Palang Merah Remaja).  Ternyata tugas lain PMI adalah meberikan pembinaan kepada PMR maupun relawan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan terkait kegiatan yang dilakukan oleh PMI. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya PMI.

Baca Juga :   Diduga Proyek Jalan Demit Memakan Anggaran APBD Milyaran Rupiah

4. Pelayanan Transfusi Darah
Ada beberapa jenis golongan darah  A, B, AB, atau O? Nah, ternyata hal tersebut berkaitan dengan tugas pokok PMI yang keempat, yaitu penyelenggaraan pemberian layanan darah.

Pelayanan transfusi darah bertujuan untuk menjamin ketersediaan darah yang aman berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jika ingin berpartisipasi sebagai pendonor darah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti, yaitu penderita hepatitis, sedang hamil maupun menyusui, dan mengidap penyakit HIV/AIDS.

Nah, sekarang , sudah tahu kan ternyata PMI itu memiliki tugas pokok yang sangat mulia dan ternyata tidak cuma menyediakan pelayanan transfusi darah. Tetapi juga memiliki tugas pokok yang lain dalam membantu masyarakat.

Kembali lagi untuk terkait dengan PMI kabupaten Merangin yang mati suri, beberapa tahun terakhir, dikarenakan berbagai faktor.
Yaitu faktor sarana prasarana dan masalah anggaran.
Seperti yang diutarakan Kadis Kesehatan Kabupaten Merangin drg. H. Sony Propesma. MPh saat ditemui Media Newslan.id dikantornya.

” Untuk terkait PMI Merangin, untuk tempat sudah ada, tapi kami terkendala sarana prasarana yang belum ada, semoga di tahun anggaran 2022, PMI Merangin bisa aktif” ucap Sony

” Selain daripada itu minimnya anggaran, jadi kami mohon dukungan dari masyarakat semua, dan terima kasih atas support dari kawan kawan Komunitas Donor Darah Merangin yang begitu aktif dalam membantu masyarakat untuk ketersediaan thrombosis darah bagi yang membutuhkan” tambahnya.

Selain dari pada itu ada dukungan dari anggota DPRD Merangin dari komisi I, dari partai Gerindra

” Kami dari Komisi I mendukung untuk mengaktifkan PMI Merangin agar lebih bermanfaat bagi masyarakat Merangin”. ucap Saprion .
(Red)