Berita  

Video Dokumenter Oleh Kemendes Di BUMDesma Mandiri Sejahtera Pati Untuk Dikaji Lebih Mendalam.

 

Jateng – Pati – Newslan.id – Kemendesa sangat apresiatif atas kegiatan yg telah di laksanakan BUMDesm Mandiri Sejahtera Pati yaitu dengan mengirimkan tim untuk membuat video dokumenter segala bentuk kegiatan.

Adapun beberapa kegiatan yang saat ini di kelola PT MBSP ( Maju Berdikari sejahtera Pati ) yang akan di liput meliputi Klinik BUMDes dan beberapa kegiatan lainya termasuk Coworking Space dan penyedia kebutuhan infrastruktur desa.

Di harapkan dengan pengambilan dokumenter ini bisa di jadikan acuan beberapa kabupaten untuk termotifasi atas segala kegiatan yang telah di laksanakan BUMDesma. Tidak harus sama kegiatanya, tapi bisa mengamati , meniru dan memodifikasi. Menurut tim ada yang menarik dari segi kepengurusan, yaitu tidak adanya skat atau pembatas antara generasi tua dan generasi milenial ( muda ). Itu adalah salah satu terobosan yang luar biasa bisa menarik minat anak anak milenial mau bergabung ke BUMDes. Kita tahu bahwa untuk pengelolaan PT lebih di percayakan ke anak anak muda sebagai pengelola.

Terlepas dari berbagai masalah yang di hadapi BUMDesma Mandiri Sejahtera Pati, Kemendesa sangat apresiatif dan sangat mendukung apa yang telah di lakukan BUMDesma. Terutama klinik BUMDes yang hanya ada satu satunya di Indonesia yaitu BUMDesma yang bergerak di bidang kesehatan KLINIK PRATAMA BUMDes Sehat. Adapun segala bentuk kendala dan masalah yang di hadapi setidaknya dari Pati bisa di jadikan pembelajaran untuk melangkah ke yang lebih baik.

Adapun Untuk masalah klinik sudah mencapai keuntungan atau belum, menurut dari Tim itu tidak terlalu bermasalah. Karena usaha klinik tidak serta merta langsung untung. Tentu saja harus melalui proses yang sangat panjang.

Setidaknya dua sampai tiga tahun berjalan baru bisa mencapai target yang di inginkan.
Menurut tim Kemendesa ini ada salah satu bentuk pemberdayaan dengan di gelontorkan Dana Desa yang sedemikian besar. Jadi di harapkan dana desa tidak hanya habis untuk kegiatan infrastruktur saja tapi juga ada bentuk usaha ataupun pemberdayaan yang bisa di nikmati dan bermanfaat bagi masyarakat.
Klinik Pratama BUMDes sehat sendiri melayani faskes tingkat pertama, dan ada lima titik di lima kecamatan untuk Kliniknya;
Klinik BUMDes Sehat Pati
Klinik BUMDes Sehat Tlogowungu
Klinik BUMDes Sehat Wedarijaksa
Klinik BUMDes Sehat Trangkil
Klinik BUMDes Sehat Margoyoso.

Dengan di dampingi BKAD dan dari dinas tim menuju beberapa lokasi secara sampel atau acak dan juga testimoni dari warga yang menggunakan fasiltas kesehatan Klinik BUMDes Sehat.

BKAD, BUMDes dan dari anak anak muda pelaksana kegiatan sangat berharap dukungan dari semua pihak untuk kemajuan kegiatan tersebut. Dan semoga kedepanya menjadi lebih baik.

(Red)**
# bumdespati

Baca Juga :   Ditemukan Petilasan Kuno di SMPN 38 Kota Semarang, Diyakini Bekas Makam Ki Ageng Pandanaran