Berita  

Kelanjutan Proyek Jateng Valley Pertanyakan Warga, DPRD Jateng Segera Pantau Progresnya.

Jateng – Semarang – Newslan.id – Jawa Tengah tidak lama lagi memiliki mempunyai destinasi wisata terbesar yang dimilik , yang nantinya menjadi destinasi wisata terbesar di Provisi ini , namanya Jateng Valley. Destinasi Jateng Valley ini rencananya berada di Ungaran timur , tepatnya di Kelurahan Susukan , Kecamatan Semarang timur , Kabupaten Semarang. Namun Warga di Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, akhirnya mempertanyakan progres pembangunan destinasi wisata Jateng Valley di wilayah tersebut.

Warga berharap keberadaan Jateng Valley dapat menjadi lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat, Jateng Valley digadang-gadang menjadi destinasi wisata buatan andalan Jawa Tengah. Namun sejak peletakan batu pertama pada Agustus 2020 lalu, hingga kini belum ada progres pembangunan yang berarti.

Harapan warga tersebut disampaikan saat Reses Penyerapan Aspirasi Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto yang digelar di Rumah Aspirasi miliknya di Susukan, Ungaran. Menurut Imam, Ketua RT I RW 3 Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang banyak warga yang berkepentingan ingin menjadi tenaga kerja di destinasi wisata berkonsep futuristik tersebut.
“Kami mempertanyakan mengapa proyek Jateng Valley yang sudah dilakukan ground breaking sejak lama tapi sampai sekarang belum selesai. Banyak warga ingin bekerja di Jateng Valley sehingga keberadaannya memberi manfaat bagi masyarakat,” katanya dalam reses yang ikut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Semarang Hadi Wuryanto dan Wisnu Wahyudi itu.

Menanggapi hal tersebut Bambang Kusriyanto mengatakan, progres pembangunan Jateng Valley semua bergantung kepada investor. Jateng Valley, lanjutnya dibangun di wana wisata Penggaron yang lahannya dimiliki Perhutani. “Ada konsorsium usaha yang menjadi investor dan membangun Jateng Valley. Kami di DPRD Jateng tidak terlibat langsung dalam pembangunan Jateng Valley,” ujar pria yang akrab disapa Bambang Krebo tersebut.

Baca Juga :   Akibat Keganasan Rentenir, Emak-emak di Kota Jambi Laporkan Oknum Ibu Bhayangkari ke Polda Jambi

Meski begitu, Bambang akan meminta Komisi B DPRD Jateng untuk melakukan pantauan sejauh mana proyek tersebut berjalan. “DPRD Jateng akan memantau dan mencari tahu sejauh mana progresnya dan hambatan apa yang muncul sehingga pembangunannya belum banyak terlihat hasilnya,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Proyek prestisius Jateng Valley seolah melalui jalan panjang dan berliku. Penandatanganan kerja sama proyek tersebut sudah dilakukan pada 12 Maret 2020. Peletakan batu pertama pembangunan Jateng Valley sendiri sudah dilakukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada 15 Agustus 2020 silam. Jateng Valley direncanakan berdiri di lahan seluas 372,88 hektare. Kemudian Ganjar Pranowo kembali melakukan peletakan batu pertama fase pertama di 5 titik area Jateng Valley pada 6 Juni 2021.

Pada kesempatan tersebut, warga Susukan juga menyampaikan apresiasi kepada Bambang Kusriyanto yang telah memfasilitasi pembangunan infrastruktur, khususnya di Kecamatan Ungaran Timur. Diantaranya rehabilitasi jalan, normalisasi selokan, dan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) di Kecamatan Kalongan, Kabupaten Semarang. (Khrisna)

Mau Pesan Bus ? Klik Disini