HPN Tahun 2023, Lisda Hendrajoni: Pers Berperan Mencerdaskan Anak Bangsa

Newslan-id (Jakarta) Anggota Komisi X DPR RI Lisda Hendrajoni, menuturkan Insan Pers sangat berpengaruh dan berperan penting dalam bidang pendidikan di Indonesia, khususnya dalam hal mencerdaskan anak bangsa. Menurut Anggota Fraksi NasDem tersebut, pers yang bermartabat juga dapat terwujud dengan penyampaian informasi yang bersifat edukasi kepada masyarakat.

Dengan latar belakang pendidikan yang baik serta memiliki wawasan yang luas, kami meyakini para insan pers di Indonesia memiliki pengaruh besar dalam mencerdaskan anak bangsa. Hal ini dapat terwujud melalui penyampaian informasi dan pemberitaan yang sekaligus edukatif kepada masyarakat, ujar Lisda Hendrajoni, Kamis (9/2/2023).

Pada momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Lisda berharap kedepan bagaimana penguatan kapasitas wartawan juga menjadi perhatian seluruh pihak, sehingga menghasilkan para insan pers yang mumpuni dan mampu bersaing ditengah pesatnya perkembangan teknologi digital.

Melalui organisasi kewartawanan tentunya kedepan penguatan kapasitas wartawan perlu menjadi perhatian bersama, seperti menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik ataupun peningkatan kompetensi melalui UKW,”ucapnya lagi.

Memasuki tahun politik, Lisda berharap para insan pers dapat menyampaikan informasi yang mencerahkan masyarakat dengan program-program unggulan yang dijalankan oleh pemerintah, sekaligus menyampaikan kritik yang membangun untuk kemajuan Bangsa dan Negara dan turut menepis kabar hoax yang beredar.

Sesuai dengan tema HPN 2023, “Pers Merdeka Demokrasi Bermartabat”, kami tentunya berharap pers selaku pilar ke empat demokrasi dapat menyajikan informasi yang berimbang, khususnya jelang pesta demokrasi pada tahun mendatang. Selamat Hari Pers Nasional untuk seluruh insan pers di belahan dunia,”punkasnya .

Diketahui, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi pusat peringatan Hari Pers Nasional 2023. Dengan mengusung tema “Pers MerdeKa Demokrasi Bermartabat”. Puncak pelaksanaan HPN kali ini berlangsung pada Kamis (9/2/2023). Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak hadir pada puncak pelaksanaan yang berlangsung di Kota Medan tersebut.

Baca Juga :   Sah.. "Terkait Insiden Pengusiran Yang Dilakukan Kadis Perpustakaan & Arsip Kabupaten Muratara Saat Liputan, Dua Wartawan Didampingi IWOI Lapor Polisi ?!"

(Maengki Arwan)